6 Makanan yang Membantu Membangun Kekebalan Tubuh di Musim Hujan

Makanan untuk kekebalan tubuh. (Foto: Pinterest)

Sukoharjonews.com – Musim hujan memberikan banyak keringanan dari panas terik, namun di sisi lain juga meningkatkan risiko infeksi dan penyakit. Di samping itu terdapat banyak makanan khusus yang bisa dimakan di musim hujan untuk membangun kekebalan tubuh.


Dikutip dari Mirchi Plus, pada Minggu (14/1/2024) berikut merupakan 6 makanan yang sebaiknya dikonsumsi di musim hujan untuk membangun kekebalan tubuh:

1. Buah-buahan dan Sayur-sayuran
Mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran khusus musiman bermanfaat selama musim apa pun dan hasil-hasil musim hujan seperti delima, jambu biji, dan sayuran berdaun hijau seperti bayam kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.


2. Teh Herbal
Hujan dan secangkir teh panas adalah kombinasi yang sempurna. Teh herbal seperti teh jahe dan teh serai memiliki sifat antimikroba dan membantu pencernaan serta memperkuat kekebalan tubuh.

3. Sup dan Kaldu
Sup dan kaldu hangat mengandung banyak sayuran dan rempah-rempah seperti garam dan merica, yang semuanya memberikan kehangatan, kenyamanan dan menyehatkan tubuh dari dalam, sehingga menjaga kekebalan tubuh tetap kuat dan mencegah infeksi.


4. Gorengan
Makanan yang digoreng seperti tempe mendoan memiliki sumber protein yang baik. Sayuran juga menawarkan nutrisi penting. Pilihan lainnya adalah memakan bakwan yang isiannya sayuran seperti jagung, wortel, kubis, maupun daun bawang.

5. Yogurt dan Makanan Probiotik
Probiotik ditemukan dalam yogurt dan makanan fermentasi lainnya seperti Kimchi dan asinan kubis atau acar dapat mendukung mikrobioma usus yang sehat. Mikrobioma usus yang kuat terkait erat dengan sistem kekebalan yang diperkuat. Gabungkan makanan ini ke dalam diet untuk meningkatkan mekanisme pertahanan alami tubuh.


6. Bawang Putih dan Bawang Bombay
Bawang putih dan bawang bombay tidak hanya menambah rasa pada masakan apa pun tetapi bahan aromatik ini mengandung senyawa yang memiliki sifat anti-mikroba dan anti-inflamasi yang meningkatkan kekebalan tubuh.

Musim hujan adalah musim yang menyenangkan dan menyantap makanan yang sesuai dengan cuaca menjadikannya lebih baik. Memasukkan makanan seperti teh herbal, sup, buah-buahan dan sayuran musiman, yogurt, bawang putih, dan bawang bombay dapat memberikan pendekatan holistik untuk memperkuat sistem kekebalan selama musim hujan. (wisnu-mg3/nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *