6 Cara Menghilangkan Jerawat Batu yang Perlu Diketahui

Cara menghilangkan jerawat batu. (Foto: Halodoc)

Sukoharjonews.com – Munculnya jerawat diwajah khususnya jerawat batu seringkali membuat kita tidak percaya diri. Pasalnya, jerawat batu di wajah membuat penampilan terganggu dan juga membuat tidak nyaman. Jerawat batu yang muncul di area wajah juga bisa menimbulkan rasa sakit pada kulit. Jerawat batu umumnya memiliki ukuran yang besar, berisi nanah, serta berwarna kemerahan.


Dikutip dari Halodoc, Minggu (25/9/2022), ada cara menghilangkan jerawat batu yang tergolong sederhana.
Seperti jenis jerawat lain, penyebab munculnya jerawat batu adalah terjadi sumbatan pada pori-pori kulit. Sumbatan disebabkan oleh minyak dan sel-sel kulit mati. Meski bisa ditemukan di bagian tubuh mana pun, jerawat batu paling sering muncul pada permukaan kulit wajah, punggung, dada, serta bahu.

Untuk itu, penting untuk mengetahui cara menghilangkan jerawat batu dengan tepar, berikut beberapa di antaranya:

1. Pemberian Obat Oles
Selain obat minum, mengatasi jerawat batu juga dilakukan dengan pemberian obat oles, misalnya obat yang mengandung retinoid (vitamin A).

Jika sudah punya resep obat jerawat, unggah dan beli obat di aplikasi Halodoc saja. Tidak perlu repot keluar rumah untuk membeli obat. Dengan layanan antar, pesanan akan dikirim segera ke rumah.

2. Konsumsi Obat
Perlu diketahui, cara menghilangkan jerawat batu tidak bisa hanya dengan menggunakan krim atau obat wajah yang dijual di pasaran. Mengatasi jerawat batu perlu diimbangi dengan pemberian obat minum, yaitu antibiotik. Jenis obat ini berperan dalam mengurangi pertumbuhan bakteri yang menjadi penyebab munculnya jerawat batu.


3. Terapi
Terapi juga bisa dilakukan untuk mengatasi masalah jerawat batu parah. Jenis terapi yang direkomendasikan adalah terapi cahaya, ekstraksi, peeling kulit, dan suntikan kortiseteroid.

4. Jaga Kebersihan
Pemberian obat-obatan dan terapi tidak akan maksimal jika tidak dibarengi dengan kebiasaan menjaga kebersihan. Untuk merawat kulit wajah, biasakan untuk mencuci muka secara rutin, setidaknya 2 kali sehari, pilih produk kecantikan yang sesuai dengan kondisi kulit, serta jangan terlalu sering menggunakan makeup.

5. Jangan Dipencet
Selain menjaga kebersihan kulit, hindari juga memencet benjolan jerawat batu. Seperti dikatakan sebelumnya, nanah dari jerawat bisa menyebar dan membuat jerawat lebih banyak muncul. Hindari juga kebiasaan memegang wajah, terutama jika belum cuci tangan.

6. Hidup Sehat dan Kelola Stres
Kedua cara ini akan membuat jerawat batu lebih cepat hilang dan mencegah muncul kembali. Selain itu, disarankan untuk membatasi konsumsi makanan yang terlalu banyak gula, sebab membatasi asupan gula disebut bisa membantu meringankan gejala jerawat dan mencegahnya memburuk. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *