5 Tips Agar Kamu Bisa Ngobrol dengan Percaya Diri

Tips Bisa Ngobrol dengan Percaya Diri. (Foto: Sisternet)

Sukoharjonews.com – Kemampuan komunikasi merupakan hal yang penting untuk semua orang. Karena pada dasarnya, manusia membutuhkan interaksi dan komunikasi dengan orang lain. Komunikasi ini dibutuhkan juga untuk membangun hubungan yang baik dan bermakna di kehidupan kita.


Nah, hal itu harus dimulai dengan bagaimana kita bisa berbicara dengan orang lain. Dilansir dari Satu Persen-Indonesian School Life, Sabtu (19/11/2022), ini dia 5 tips agar dapat mengobrol dengan percaya diri:

1. Mulai dengan menyapa
Menyapa merupakan salah satu cara yang sangat krusial. Karena pada kesempatan ini, kita bisa memperkenalkan diri kita dengan orang yang kita ajak bicara, begitu pula sebaliknya.

2. Ajukan pertanyaan yang simpel
Pertanyaan seperti apa “pendapatmu tentang hari ini”, “tadi acaranya seru banget. Kalau menurutmu gimana?”

Pertanyaan terbuka itu akan membawa ke tahap berikutnya, yaitu bertukar informasi. Informasi ini bisa berbagai macam. Bisa tentang diri, kesukaan, pendapat kalian tentang hal disekitar, dan banyak lainnya. Percakapan yang menjurus ke kesukaan atau kepentingan yang sama biasanya lebih mudah mengalir.

Contohnya membicarakan tentang grup atau idol yang sama sama kalian suka. Jika kalian menyukai idol grup NCT, kalian pasti akan sama – sama mengerti tantang personil dan kehidupannya.


3. Minta lawan bicara bercerita
Pada dasarnya, manusia senang berbagi informasi kepada orang yang diajak bicara. Terutama bila dari obrolan itu bisa membangun huhungan baru. Nah jika lawan bicara sedang cerita tentang diri mereka, pastinya kamu bisa menampilkan keinginan untuk mempelajarinya lebih dalam.

Contohnya buat pujian, atau pertanyaan lebih lanjut. Mungkin terdengar simpel, tapi hal ini bisa membuat lawan bicara merasa baik mengenai dirinya.

4. Jaga kontak mata
Salah satu cara untuk membuat orang tahu jika kita tertarik mendengar ceritanya adalah dengan menjaga kontak mata dengan lawan bicara. Hal ini akan membuat lawan bicara merasa bahwa kita benar-benar memperhatikan dan tertarik akan topik yang sedang dibicarakan.

5. Mendengarkan secara aktif
Ini merupakan gabungan dari berbagai macam kemampuan. Mulai dari mendengarkan untuk memahami, pilihan kata waktu merespon, hingga menjaga bahasa tubuh ahar tetap terlihat ramah.

Nah, itu tadi tips agar kamu dapat mengobrol seru dengan lawan bicaramu. Hal itu bisa kamu jadikan acuan supaya kamu dapat menjadi teman bicara yang asyik meskipun baru pertama bertemu. Silakan mencobanya! (cita septa/mg)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *