5 Manfaat Daun Kemangi untuk Pria Dewasa, No 4 Cukup Menggagetkan

Manfaat Daun Kemangi untuk Pria Dewasa. (Foto: Halodoc)

Sukoharjonews.com – Siapa sangka tanaman yang sering tumbuh secara liar ini justru memiliki manfaat yang besar. Tanaman tersebut adalah kemangi dimana daunnya jika dikonsumsi diinformasikan dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan dan kesuburan pria. Misalnya seperti meningkatkan gairah seksual, meningkatkan kualitas sperma, mengatasi ejakulasi dini, hingga mencegah kemandulan.


Dikutip dari Halodoc, Minggu (26/6/2022, selain dijadikan sebagai lalapan atau penyedap masakan, daun kemangi atau basil ternyata juga menawarkan banyak manfaat lain untuk kesehatan. Salah satunya adalah meningkatkan kesehatan reproduksi dan kesuburan pria. Sebab, daun kemangi diketahui mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

Selain itu, daun yang satu ini kaya akan senyawa antioksidan seperti beta-karoten, beta-cryptoxanthin, lutein, hingga zeaxanthin. Semua nutrisi tersebut bermanfaat penting dalam meningkatkan kesehatan pria.
Berikut ini sejumlah manfaat daun kemangi untuk kesehatan pria dewasa:

1. Bermanfaat untuk Kesehatan dan Kesuburan Pria
Kesehatan reproduksi dan kualitas kesuburan pria sangat penting karena berkaitan dengan peluang kehamilan. Nah, mengonsumsi kemangi dapat memberikan banyak manfaat bagi kesuburan pria, antara lain:

2. Meningkatkan Gairah Seksual
Daun kemangi tergolong sebagai makanan yang bersifat afrodisiak. Perlu diketahui bahwa makanan afrodisiak adalah makanan yang dapat meningkatkan gairah seksual. Dilansir dari Lybrate, kandungan nutrisi di dalam daun kemangi mampu merangsang tubuh ketika melakukan hubungan seksual.


3. Meningkatkan Kualitas Sperma
Mengonsumsi daun kemangi dapat meningkatkan kualitas sperma, sehingga sperma mampu mencapai sel telur dengan mudah untuk melakukan pembuahan. Sebab, daun kemangi mengandung senyawa arginin. Senyawa tersebut diketahui dapat memperpanjang hidup sperma dan meningkatkan kekebalan sperma. Selain itu, daun kemangi juga bermanfaat dalam membantu pertumbuhan sel sperma.

4. Mengatasi Ejakulasi Dini
Kandungan senyawa sineol dalam kemangi juga diduga bermanfaat untuk mengatasi masalah seksual. Salah satunya adalah ejakulasi dini pada pria. Selain itu, senyawa tersebut juga sangat baik untuk meningkatkan kualitas sperma, sehingga mampu membuahi sel telur dengan baik.

5. Mengurangi Risiko Kemandulan
Salah satu penyebab dari kemandulan adalah produksi sel sperma yang rendah. Nah, salah satu manfaat dari kemangi berkat kandungan nutrisinya adalah membantu meningkatkan pertumbuhan sperma. Selain itu, senyawa arginin pada kemangi juga bermanfaat untuk memperpanjang hidup sperma. Maka dari itu, mengonsumsi daun kemangi secara teratur diharapkan dapat mengurangi risiko kemandulan pada pria.


Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan
Selain bermanfaat bagi kesehatan reproduksi pria, kemangi juga memiliki beragam manfaat lainnya untuk kesehatan secara keseluruhan, antara lain:

1. Melawan Radikal Bebas
Daun kemangi mengandung berbagai antioksidan alami yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Salah satu manfaatnya adalah melindungi jaringan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas sendiri dapat menyebabkan stres oksidatif pada tubuh dan menyebabkan kerusakan sel. Oleh sebab itu, memenuhi asupan antioksidan yang dapat diperoleh dari kemangi, dan bermanfaat untuk mengurangi stres oksidatif. Selain itu, radikal bebas dalam tubuh juga dapat menyebabkan penuaan dini seperti kerutan pada wajah.

2. Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah
Dilansir dari WebMD, menambahkan kemangi ke dalam makanan dapat membantu mengurangi kadar gula darah yang tinggi. Hal tersebut berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tikus yang mengidap diabetes dan diberikan ekstrak kemangi. Selain itu, kemangi juga dapat membantu mengobati efek jangka panjang dari gula darah yang tinggi.

3. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung
Kandungan eugenol dalam kemangi dapat memblokir saluran kalsium. Kondisi tersebut dapat membantu menurunkan tekanan darah pada tubuh. Selain itu, kemangi juga dapat meningkatkan aliran darah dengan membuat otot dan pembuluh darah menjadi rileks. Kedua hal tersebut dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.

Nah, itulah penjelasan terkait manfaat daun kemangi bagi kesehatan reproduksi pria. Misalnya seperti meningkatkan gairah seksual, meningkatkan kualitas sperma, mengatasi ejakulasi dini, hingga mengurangi risiko infertilitas. Oleh sebab itu, mengonsumsi kemangi sangatlah dianjurkan, terutama bagi kamu yang sedang menjalani program kehamilan. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.