5 Kebiasaan Minum Ini Dapat Meningkatkan Tekanan Darah

Minuman meningkatkan tekanan darah. (Foto: pexels)

Sukoharjonews.com – Tekanan darah tinggi atau hipertensi, terjadi ketika darah memberi terlalu banyak tekanan pada dinding arteri dalam waktu yang lama, sehingga dapat menyebabkan konsekuensi berbahaya bagi kesehatan. Termasuk meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, alzheimer, dan lainnya.


Dilansir dari Eat This, Not That, Kamis (2/3/2023), jika kamu mengalami tekanan darah tinggi, maka tentu perlu mencari cara untuk menurunkannya. Termasuk dengan menerapkan gaya hidup sehat dan menghindari beberapa kebiasaan yang dapat meningkatkan tekanan darah, salah satunya kebiasaan minum yang tidak sehat.

1. Minum Minuman Manis
Menurut ahli diet, meminum minuman manis seperti soda atau jus dengan banyak tambahan gula dapat berdampak negatif pada tingkat tekanan darah. Karena itu, penting untukmu membatasi berbagai minuman tinggi gula.

Minuman tinggi gula dapat meningkatkan tekanan darah arteri dan bisa berbahaya bagi penderita hipertensi. Apalagi minuman tinggi gula dapat merangsang produksi kolesterol jahat, dan menimbulkan risiko diabetes serta penyakit jantung.

Salah satu review dari American Journal of Cardiology menyimpulkan, berdasarkan studi penelitian yang mereka selidiki, minuman manis dikaitkan dengan tingkat tekanan darah yang lebih tinggi, yang pada gilirannya sering menyebabkan peningkatan kejadian hipertensi.


2. Terlalu Banyak Minum Kopi
Bagi kamu pecinta kopi, berhati-hatilah. Pasalnya, minum terlalu banyak kopi dapat berdampak negatif pada kesehatan dan menimbulkan risiko hipertensi.

Selain kopi, minuman yang mengandung kafein seperti teh, minuman berenergi, dan beberapa soda memang dapat meningkatkan tekanan darah. Tidak sepenuhnya jelas mengapa hal ini terjadi, tetapi penelitian menunjukkan bahwa asupan kafein dapat meningkatkan tekanan darah yang terukur.

Efek kafein ini lebih bersifat jangka pendek, artinya tekanan darah naik relatif cepat setelah minum minuman berkafein. Efek samping kafein tersebut mungkin bertahan atau tidak dalam jangka panjang, dan tergantung pada beberapa faktor, termasuk seberapa sering dan seberapa banyak seseorang minum minuman berkafein.


3. Sering Minum Minuman Berenergi
Terlalu sering minum minuman berenergi juga berdampak negatif pada kesehatan dan menyebabkan risiko hipertensi.Hal tersebut juga telah dibuktikan oleh beberapa penelitian. Salah satu alasannya adalah karena minuman berenergi mengandung kafein yang dapat menyebabkan tekanan darah meningkat.

Selain itu, minum minuman berenergi setiap hari dapat menyebabkan tekanan darah lebih tinggi daripada meminumnya sekali.

4. Tidak Minum Susu
Barangkali mungkin kamu belum mengetahui, bahwa susu sebenarnya adalah minuman yang bermanfaat untuk tekanan darah. Sementara itu, penelitian menunjukkan bahwa risiko tekanan darah tinggi menurun saat seseorang minum lebih banyak produk susu.

Jadi, kamu akan kehilangan manfaat tersebut jika tidak minum susu apapun. Sebaiknya, targetkan 2 hingga 3 porsi produk susu setiap hari.Selain itu, dalam studi ’22 Juni yang diterbitkan di Nutrisi, ditemukan bahwa mengonsumsi produk susu rendah lemak secara teratur dikaitkan dengan penurunan insiden hipertensi pada pria dan perempuan.


5. Minum Minuman Beralkohol
Jika kamu sedang berjuang melawan tekanan darah tinggi, maka hindarilah minuman beralkohol, minum lebih dari tiga minuman per hari dapat meningkatkan tekanan darah untuk sementara, dan pesta minuman keras secara rutin dapat meningkatkan tingkat tekanan darah secara lebih permanen.

Menurut penelitian dari American College of Cardiology yang dipresentasikan pada Sesi Ilmiah Tahunan ke-68, minum minuman keras antara 7 dan 13 minuman per minggu dikaitkan dengan peningkatan tekanan darah pada lebih dari 17.000 orang dewasa. (patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *