300 Kokam Digembleng di Markas Yonif 413 Bremoro

Sebanyak 300 anggota Kokam Muhammadiyah Sukoharjo mengikuti Diklat selama dua hari di Markas Yonif 413 Bremoro Palur, Mojolaban. (Foto dok PDPM)

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Bukan tentara tapi digembleng layaknya tentara. Mereka adalah 300 anggota Kokam Muhammadiyah yang tengah mengikuti pendidikan dan latihan (Diklat) di Markas Batalyon Infanteri (Yonif) 413 Bremoro di Palur, Mojolaban selama dua hari, 13-14 Januari. Selama Diklat, anggota Kokam dilatih kekuatan fisik.



Dalam rilis yang diterima Sukoharjonews.com, Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kabupaten Sukoharjo Eko Pujiatmoko menjelaskan, pelaksanaan Diklat tersebut digelar untuk mewujudkan Trilogi Kokam. Yakni, menjaga ukhuwah Islamiyah, mengawal NKRI, dan menggembirakan kemanusiaan. Diklat sendiri diikuti 300 peserta dari 12 Pimpinan Cabang.

Dikatakan Eko, materi Diklat tersebut antara lain meliputi baris berbaris, ketangkasan di lapangan, materi bela negara, pidato kebangsaan DPD RI dan ditutup pembaretan. “Atas terselenggaranya Diklat tersebut, kami sangat berterimakasih sekali kepada jajaran TNI AD yang bersedia menggembleng mental dan fisik peserta Diklat Kokam. Semoga meningkatkan rasa cinta tanah air dalam bingkai NKRI,” ungkap Eko.

Sementara itu, anggota DPD RI Denty Eka Widi Pratiwi yang hadir dalam kesempatan itu memberikan pidato kebangsaan saat penutupan Diklat Kokam Sukoharjo. Denty mengaku bangga terhadap Kokam Sukoharjo yang merupakan bagian dari elemen Muhammadiyah yang ikut menjaga keutuhan NKRI.

“Tahun 2018 dan 2019 merupalan tahun politik. Saya mendorong Kokam untuk hadir berkontribusi dalam proses tersebut agar situasi kondusif,” pesannya.

Denty juga mengatakan, Diklat Kokam tersebut akan dibawa ke Sidang Paripurna DPD agar menjadi virus bagi penggemblengan generasi muda yang cinta NKRI. MenurutnyA, Diklat tersebut menjadi sejarah penting karena pertama kalinya Markas Yonif 413 Bremoro jadi tempat diklat paramiliter Ormas seperti Kokam.

Usai memberikan pidato kebangsaan, alumni Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Malang lantas memimpin pembaretan peserta diklat bersama Ketua PDM Sukoharjo, Wakil Bupati Sukoharjo, dan Camat Mojolaban. Secara umum, Diklat Kokam tersebut berjalan lancar hingga selesainya acara. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.