3.507 Kartu Indonesia Sehat 12 Kecamatan Diserahkan Bupati Secara Bertahap

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya secara simbolis menyerahkan KIS untuk warga Kecamatan Tawangsari, Bulu, dan Weru, Selasa (1/10).

Sukoharjonews.com (Tawangsari) – Sebanyak 3.507 Kartu Indonesia Sehat (KIS) diserahkan pada warga miskin di 12 kecamatan di Sukoharjo. Penyerahan dilakukan secara bertahap oleh Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya dimana tahap pertama diserahkan di Tawangsari, Selasa (1/10). Untuk penyerahan di Tawangsari meliputi tiga kecamatan dimana dua lainnya adalah Bulu dan Weru. Di lokasi tersebut 1.242 KIS yang diserahkan.



“Penyerahan KIS ini merupakan bentuk komitmen Pemkab Sukoharjo terhadap jaminan pelayanan kesehatan warga kurang mampu,” ujar Bupati.

Bupati berharap KIS yang telah diberikan tersebut bisa dimanfaatkan warga kurang mampu dalam mendapatkan layanan kesehatan secara gratis. KIS yang diserahkan tersebut merupakan program jaminan kesehatan yang dibiayai oleh pemerintah daerah. Menurutnya, 3.507 KIS yang diserahkan merupakan data baru dimana sebelumnya warga miskin penerima belum masuk dalam data.

Sedangkan Plt Kepala Kepala Dinas Sosial Sukoharjo, Djoko Indrianto menyampaikan, setelah penyerahan di Tawangsari, penyerahan selanjutkan akan dilakukan di Gedung PGRI Sukoharjo pada Rabu (2/10) besok. Untuk tahap 2 besok, akan diserahkan 1.281 KIS yang meliputi Kecamatan Sukoharjo, Nguter, dan Bendosari.

“Penyerahan tahap 3 dilakukan di Gedung Pertemuan Cemangi Grogol dimana KIS yang akan diserahkan meliputi enam kecamatan sebanyak 984 KIS,” ujar Djoko.

Djoko juga mengatakan, KIS yang diserahkan masuk dalam data Penerima Bantuan Iuran-Jaminan Kesehatan Nasional (PBI-JKN) sehingga iuran per bulan ditangung Pemkab Sukoharjo. Menurutnya, hal itu merupakan komitmen Pemkab Sukoharjo dalam memberikan jaminan kesehatan warga miskin di Sukoharjo. “Saya harap masyarakat yang menerima KIS mengetahui hak dan kewajibannya sebagai peserta JKN-KIS dan dapat memanfaatkan dengan baik,” ujarnya. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *