150 Anak Kurang Gizi Bakal dapat Bantuan Beras

Ilutrasi Beras

Sukoharjonews.com – Pemerintah Kabupaten Sukoharjo menyiapkan beras gratis untuk 150 warga kurang mampu yang terdata mempunyai anak kurang gizi. Kepala Dinas Pangan Sukoharjo, Sriyono mengatakan, sedikitnya telah tersedia sebanyak 7 ton gabah atau setara dengan 4 ton hinga 4,5 ton beras di Gudang Cadangan Pangan Sukoharjo dan siap didistribusikan.

Menurutnya, tidak semua warga kurang mampu menerima bantuan beras ini. Mengingat, sudah ada program bantuan Beras Sejahtera (Rastra) atau Beras Miskin (Raskin) dari pemerintah pusat. Sasaran bantuan ini sebatas untuk warga kurang mampu yang memiliki anak kurang gizi.

“Kapan disalurkan, kami masih menunggu petunjuk bupati,” ujar Sriyono, Selasa (28/11).



Sriyono menambahkan, tercatat ada 150 anak kurang gizi yang menerima manfaat bantuan ini. Setiap penerima mendapat jatah beras sebanyak 15 kilogram untuk kebutuhan selama 60 hari. Terkait rincian data penerima, masih menunggu data dari Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo.

“Bantuan ini diharapkan dapat membantu anak kurang gizi menjadi lebih sehat,” imbuhnya.

Sementara itu, Gudang Cadangan Pangan juga menyimpan beras untuk kondisi darurat seperti bencana alam. Pihaknya tidak berharap terjadi bencana meski anomali cuaca belakangan ini berpotensi banjir.

“Beras bisa disalurkan ketika ada warga terdampak banjir. Tapi itu juga menunggu petunjuk bupati,” tuturnya. Seperti diketahui, Gudang Cadangan Pangan Sukoharjo didirikan sekitar dua tahun terakhir. Namun, keberadaan gudang tersebut baru difungsikan dan baru melakukan penyerapaan hasil panen petani pada Tahun 2017 ini. (Adam Maulana)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.