12 Grup Drumband Meriahkan Festival Drumband SD/MI

Salah satu peserta Festival Drumband Tingkat SD/MI ketika tengah bersiap mengikuti lomba di Gedung Budi Sasono, Kamis (28/12).

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Sebanyak 12 grup drumband dari 12 Kecamatan di Sukoharjo mengikuti ajang Festival Drumband Tingkat SD/MI di Gedung Budi Sasono, Kamis (28/12). Event tersebut digelar oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Event tersebut menjadi yang terakhir yang digelar tahun ini oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

“Tiap tim beranggotakan 15 anak hingga 20 anak. Lomba ini dimaksudkan untuk menggali potensi seni anak usia Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah se-Sukoharjo,” ujar Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo Siti Laila.

Dikatakan Siti, setiap orang pasti memiliki jiwa seni. Hanya saja, karakter seni tersebut perlu ditumbuhkembangkan dengan berbagai upaya. Baik itu latihan rutin, ikut lomba, dan lainnya. Menurutnya, event festival tersebut dalam rangka menumbuhkembangkan seni budaya khususnya seni musik drumband dan membangkitkan kekompakan tim.



Lebih lanjut diungkapkan Siti, kegiatan publik tersebut harus dilestarikan karena berlatih seni mampu menumbuhkembangkan sikap disiplin dan toleransi. Siti mengatakan, permainan tim akan meriah dan enak didengar ketika salah satu alat musik tidak mendominasi. Untuk itu, jiwa egois di antara anggota kelompok harus dihilangkan untuk mendapatkan penampilan yang kompak dan enak didengar. Selain itu, juga enak dilihat masyarakat.

“Untuk melatih disiplin dalam sebuah kerjasama, anak-anak memiliki tanggung jawab tinggi. Dari seni juga bisa dimunculkan jiwa pembentukan karakter anak pintar,” ujar Siti.

Siti mengimbau orangtua mendorong dan membimbing anaknya dalam menekuni seni. Festival yang dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Darno tersebut memiliki kriteria penilaian di antaranya soal kerapian, keseragaman, gerak dasar, ritme dan variasi gerakan.

“Rencananya, tahun depan upaya menggali potensi seni anak-anak usia SD/MI akan dirutinkan. Tahun ini, berbagai lomba bidang seni dan kebudayaan sudah dilakukan mulai jenjang sekolah dasar. Seperti festival dolanan tradisi anak, seni tari dan dalang bocah,” tambahnya.

Dalam festival itu sendiri, juri lomba terdiri dari tiga orang. Setelah dilakukan penilaian, tim juri memutuskan pemenang Festival Drumband SD/MI se-Sukoharjo berturut-turut juara I, II dan III adalah Grup Drumband SDN Ngadirejo, Kecamatan Kartasura disusul Grup Drumband MIM Kecamatan Baki dan Grup Drumband SD Bulu 3 Kecamatan Bulu. Para juara mendapatkan trofi tetap dan juga uang pembinaan. (erlano putra)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.