Yamaha Jupiter Finn 2022, Desain Baru, Cek Spesifikasi dan Harganya

Yamaha Jupiter Finn Vietnam. (Foto: Ardiantoyugo)

Sukoharjonews.com – Yamaha Motor Vietnam meluncurkan Yamaha Jupiter Finn dengan desain baru. Desain Jupiter Finn terlihat benar-benar baru dengan garis desain yang terlihat lebih mengalir dibandingkan dengan Yamaha Jupiter yang saat ini masih beredar di Indonesia. Terdapat banyak sekali perbedaan pada Yamaha Jupiter versi baru ini.


Dikutip dari Ardiantoyugo, Kamis (21/7/2022), perbedaan yang mencolok jika dibandingkan dengan Yamaha Jupiter Indonesia adalah pada bagian body motor. Pada bagian depan terlihat Yamaha Jupiter Finn Vietnam memiliki desain yang terlihat mengembang. Sangat berbeda dengan Yamaha Jupiter yang lebih memiliki aura sporty. Headlamp alias lampu utama masih menggunakan bohlam halogen biasa. Begitu juga dengan lampu sein depan yang kini memiliki desain baru yang lebih atraktif.

Yamaha Jupiter Finn Vietnam
Untuk desain spakbor depan sang motor masih mencirikan Yamaha Jupiter lama. Desain Yamaha Jupiter Finn Vietnam ini pada beberapa bagian memang masih tetap mempertahankan desain Yamaha Jupiter generasi lama. Termasuk bentuk velg depan dan belakang serta juga piringan cakram berikut kaliper cakram pada bagian rem depan. Untuk rem belakangnya masih menggunakan rem tromol biasa.

Bagian belakang motor juga nampak ada perubahan yang sangat radikal. Desain body Yamaha Jupiter Finn Vietnam benar benar tidak memiliki lekukan tajam, namun menggunakan garis desian yang mengalir. Pada bagian lampu belakang serta lampu sein belakang juga masih menggunakan bohlam biasa. Desainnya juga nampak lebih kalem jika dibandingkan dengan Yamaha Jupiter Z yang saat ini masih beredar di Indonesia.

Yamaha Jupiter Finn Vietnam. (Foto: Ardiantoyugo)

Fitur Yamaha Jupiter Finn Vietnam
Untuk fitur, sebenarnya tidak ada fitur yang terlalu spesial dari motor. Motor ini masih menggunakan lampu halogen alias bohlam biasa pada semua sistem pencahayaan. Sedangkan desain panel meter-nya pun masih menggunakan tampilan serba analog. Hanya saja, untuk sistem pengereman sudah menggunakan Unified Braking System (UBS) yang menggabungkan antara rem depan dan rem belakang layaknya rem CBS pada motor Honda.

Beberapa fitur Yamaha Jupiter Finn Vietnam:
– Desain lampu depan dan belakang lebih futuristis
– Desain panel meter nampak lebih modern dengan tampilan analog
– Terdapat laci penyimpanan terbuka di bagian bawah setang sebelah kiri
– Terdapat bagasi bawah jok yang cukup luas
– Terdapat pelindung rantai yang menutupi rantai sepenuhnya
– Pelindung kaki pada bagian blok mesin
– Sistem pengereman Unified Braking System (UBS)

Yamaha Jupiter Finn Vietnam. (Foto: Ardiantoyugo)

Spesifikasi Yamaha Jupiter Finn Vietnam
Spesifikasi Yamaha Jupiter Finn Vietnam masih tetap menggunakan mesin yang sama dengan Yamaha Jupiter Z1 Indonesia yakni 113,7 cc. Mesin ini memiliki konfigurasi silinder tunggal, SOHC, 4 langkah, 2 katup, dan berpendingin udara. Untuk tenaga maksimalnya mencapai 6,6 kW atau setara dengan 9 PS pada 7.000 rpm. Sedangkan torsi puncaknya mencapai 9,2 Nm yang diraih pada 5.500 rpm.

– Engine Type: 4 stroke, 2 valves, SOHC, air cooled
– Cylinder: Single cylinder
– Engine Displacement: 113.7 cc
– Diameter x Stroke: 50.0 mm x 57.9 mm
– Compression ratio; 9.3 : 1
– Maximum Power: 6.6 kW (9.0 PS) @ 7000 rpm
– Maximum Torque: 9.2 Nm (0.9 kgf/m) @ 5500 rpm
– Starting System: Electric and pedal
– Lubrication System: Wet crankcase, pressure
– Engine Oil Capacity: 1.0 L
– Fuel Consumption: 1.64 L/100 km
– Ignition System: Transistor Controlled Ignition (TCI)
– Primary & Secondary Gear Ratio: 2900 (58/20)/2,857 (40/14)
– Clutch System: Wet type centrifugal, multi disc
– Drivetrain Type: 4 speed rotary

Harga Yamaha Jupiter Finn Vietnam
Nah, untuk harga, Yamaha Motor Vietnam menghadirkan dua tipe sekaligus, yang pertama Premium Version yang hadir dengan empat pilihan warna yakni Silver, Green, Grey, dan juga Yellow. Sedangkan untuk Standard Version hadir dengan tiga pilihan warna yakni Blue Gray, Red-Black, dan juga Black-Gray.

Untuk harga Yamaha Jupiter Finn Vietnam dijual sebesar 27.500.000 Vietnam Dong atau sekitar Rp17,59 jutaan untuk tipe Standard. Sedangkan harga Yamaha Jupiter Finn Premium Version dijual sebesar 28.000.000 Vietnam Dong atau sekitar Rp17,91 jutaan. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.