Xiaomi 11 Lite 5G NE vs Xiaomi 12 Lite: Perbandingan Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan

Xiaomi 11 Lite 5g NE vs Xiaomi 12 Lite. (Foto: Gizmochina)

Sukoharjonews.com – Seri Xiaomi 12 memiliki varian yang terjangkau. Xiaomi 12 Lite memulai debutnya hanya beberapa hari yang lalu dengan beberapa peningkatan dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Tahun lalu, Xiaomi meluncurkan Mi 11 Lite tetapi kemudian pensiun dari pasar karena masalah yang dihadapi Qualcomm dengan platform seluler Snapdragon 780G.


Dikutip dari Gizmochina, Senin (18/7/2022), beberapa bulan kemudian, Xiaomi 11 Lite 5G NE menjadi resmi: NE adalah singkatan dari New Edition dan ponsel ini pada dasarnya adalah Mi 11 Lite tetapi dengan chipset yang berbeda, Snapdragon 778G. Disebut 11 Lite 5G NE alih-alih Mi 11 Lite 5G NE karena Xiaomi memutuskan untuk membuang branding Mi pada pertengahan tahun lalu.

Berikut ini perbandingan spesifikasi Xiaomi 11 Lite 5G NE dengan penerusnya yaitu Xiaomi 12 Lite. Di sini, Anda akan mempelajari perbedaan utama antara dua mid-ranger ini.

Desain
Seperti yang sudah disebutkan di atas, Xiaomi 12 Lite adalah peningkatan dari Xiaomi 11 Lite 5G NE, tetapi tidak dapat dianggap sebagai peningkatan jika kita berbicara tentang desain. Memang, model lama hadir dengan bodi yang lebih tipis dan ringan, dan merupakan salah satu ponsel tertipis dan paling ringan di seluruh pasar. Makanya tampil sangat atraktif, melebihi 12 Lite, meski memiliki screen to body ratio yang lebih rendah. Selain itu, ia memiliki sertifikasi IP53 yang membuatnya tahan debu dan tahan percikan.

Xiaomi 12 Lite memiliki rasio layar terhadap bodi yang lebih tinggi dan, mengingat bahwa ponsel ini menampilkan diagonal tampilan yang sama, tampaknya sedikit lebih ringkas. Tapi lebih tebal dan lebih berat dari saingan internalnya. Sayangnya, ponsel ini tidak dibuat dengan bahan premium: mereka terbuat dari polikarbonat untuk bingkai dan penutup belakang.


Penampilan
Sekilas, sepertinya Xiaomi menggunakan panel layar yang sama untuk kedua ponsel ini. Namun ada perbedaan penting: Xiaomi 12 Lite mampu menampilkan hingga 68 miliar warna, sedangkan Xiaomi 11 Lite 5G NE menunjukkan satu miliar warna. Selanjutnya, model baru memiliki pembaca sidik jari dalam layar, sedangkan pemindai sidik jari pendahulunya dipasang di samping.

“Last but not least”, kecepatan refresh berbeda: 11 Lite 5G NE hanya memiliki 90 Hz, sedangkan 12 Lite mencapai 120 Hz. Selebihnya, hampir sama: kita berbicara tentang panel AMOLED dengan diagonal 6,55 inci, resolusi Full HD+ 1080 x 2400 piksel, dukungan Dolby Vision, sertifikasi HDR10+, dan sertifikasi HDR10+. Layar dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 5.

Spesifikasi & Perangkat Lunak
Departemen perangkat keras tidak berubah dari tahun lalu, dengan satu pengecualian kecil: slot micro SD. Xiaomi membuangnya di 12 Lite, sementara Anda mendapatkan slot micro SD di Xiaomi 11 Lite 5G NE. Selebihnya, tidak ada perbedaan.

Ponsel ini ditenagai oleh platform seluler Snapdragon 778G: prosesor dengan arsitektur octa-core yang dibangun pada 6 nm dan terdiri dari empat inti Kryo 670 yang berjalan pada frekuensi maksimum 2,4 GHz, empat inti Kryo 670 yang berjalan pada frekuensi 1,8 GHz., dan GPU Adreno 642L. SoC dipasangkan dengan RAM hingga 8 GB dan penyimpanan internal UFS 2.2 hingga 256 GB, tetapi ada konfigurasi lain dengan RAM 6 atau 8 GB dan penyimpanan asli 128 GB.

Mengingat bahwa ini adalah ponsel yang dirilis pada tahun 2021, Xiaomi 11 Lite 5G NE menjalankan Android 11 di luar kotak yang disesuaikan dengan MIUI 12.5, sedangkan model baru menjalankan Android 12 yang disesuaikan dengan MIUI 13.


Kamera
Ada peningkatan bahkan dalam hal pengaturan kamera. Xiaomi 12 Lite baru memiliki kamera utama 108 MP, sensor ultrawide 8 MP, dan kamera makro 2 MP. Kamera utama yang terdapat pada perangkat ini lebih baik dari yang terdapat pada pendahulunya dengan resolusi 64 MP. Perangkat baru ini bahkan hadir dengan kamera depan yang lebih baik, dengan resolusi 32 MP, bukan hanya 20 MP.

Baterai
Meski tetap cukup tipis dan ringan, Xiaomi 12 Lite mengusung baterai yang lebih besar, yakni berkapasitas 4300 mAh. Mengingat komponen lainnya serupa, itu pasti akan menawarkan masa pakai baterai yang lebih lama. Bahkan mengisi daya lebih cepat berkat pengisian cepat 67W, sedangkan Xiaomi 11 Lite 5G NE berhenti pada 33W.

Harga
Xiaomi 12 Lite akan secara resmi tersedia di pasar global dengan label harga mulai dari USD400 atau sekitar Rp5,9 jutaan, sementara Anda saat ini dapat menemukan Xiaomi 11 Lite 5G NE dengan harga kurang dari USD300 atau sekitar Rp4,4 jutaan berkat harga jalanan online.


Sekarang Anda tahu perbedaannya: Xiaomi 12 Lite menghadirkan tampilan yang sedikit lebih baik, baterai yang lebih besar, dan kamera yang lebih baik, tetapi kehilangan desain yang sangat tipis dan slot micro SD yang ditemukan pada pendahulunya. Mana yang akan Anda pilih? (nano)

Xiaomi 11 Lite 5G NE vs Xiaomi 12 Lite: Kelebihan dan Kekurangan

Xiaomi 11 Lite 5G NE
Kelebihan
– Lebih terjangkau
– Sertifikasi IP53
– Slot Micro SD
– Lebih tipis dan lebih ringan

Kekurangan
– Kamera bawah
– Baterai lebih kecil

Xiaomi 12 Lite
Kelebihan
– Kamera belakang yang lebih baik
– Kamera depan yang lebih baik
– Baterai lebih besar
– Pengisian lebih cepat

Kekurangan
– Harga


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.