Waspadai 4 Kombinasi Buah Beracun Ini

Kombinasi buah yang dapat menyebabkan racun. (Foto: honestdocs)

Sukoharjonews.com – Ada beberapa kombinasi buah yang bisa sangat berbahaya, dan harus dihindari bagaimanapun caranya. Sebagian besar dari kita memiliki kebiasaan memotong semua buah dan sayuran yang tersedia dan mencampurkannya ke dalam mangkuk untuk menikmati makanan tersehat yang pernah ada. Meskipun benar bahwa buah-buahan sangat menyehatkan, mencampurkan berbagai jenis buah dengan sayuran dan buah-buahan lainnya dapat menyebabkan masalah pencernaan dan beberapa masalah kronis yang serius.


Dilansir dari Healthshots, Selasa (13/2/2024), inilah kombinasi buah yang dapat mengakibatkan racun pada tubuh:

1. Jangan pernah menggabungkan melon dengan buah lainnya
Disarankan untuk menghindari pencampuran semangka, muskmelon, melon, dan madu dengan buah-buahan lainnya. “Melon sebaiknya hanya dimakan bersama melon karena lebih cepat dicerna dibandingkan buah lainnya. Melon memiliki kandungan air yang tinggi sehingga mungkin tidak dapat dicerna dengan baik jika dipadukan dengan buah-buahan,” kata Dr Reddy.

2. Hindari mencampurkan buah bertepung dengan buah berprotein tinggi
Beberapa buah yang bersifat bertepung antara lain pisang hijau dan pisang raja. Penting untuk menghindari mencampurkan buah-buahan ini dengan buah-buahan berprotein tinggi seperti jambu biji, aprikot kering, buah kiwi, alpukat, dan blackberry. Menggabungkan keduanya bisa berbahaya karena tubuh membutuhkan basa asam untuk mencerna protein dan basa basa untuk memecah pati.

3. Hindari mencampurkan buah asam dengan buah manis
Buah-buahan yang bersifat asam dan sub-asam seperti jeruk bali, stroberi, apel, delima, dan persik, tidak boleh dipadukan dengan buah-buahan manis seperti pisang dan kismis. Pasalnya, seringkali menimbulkan masalah pencernaan, mual, asidosis, dan sakit kepala.


4. Hindari mencampurkan pepaya dan lemon
Pernahkah Anda mendengar kombinasi ini? Bagi sebagian dari Anda, ini mungkin enak, dan bagi sebagian lainnya, mungkin aneh. Namun lebih baik hindari kombinasi ini. Anemia atau ketidakseimbangan hemoglobin hanyalah beberapa konsekuensi dari pencampuran keduanya. Lebih jauh lagi, menurut Dr Reddy, buah ini bisa sangat berbahaya bagi anak-anak, jadi usahakan untuk menghindari buah-buahan ini sebisa mungkin.

Hindari mengonsumsi buah dan sayuran secara bersamaan
Sangat tidak disarankan untuk memadukan buah dan sayur, karena kandungan gula yang tinggi pada buah dapat menghambat proses pencernaan sayur. Jadi ya, makan jeruk dan wortel bersamaan mungkin bukan yang terbaik untuk perut Anda!

Meskipun buah-buahan merupakan sumber potasium, vitamin C, asam folat, dan antioksidan penting lainnya yang kita butuhkan, kombinasi buah-buahan di atas perlu dihindari. Buah apa pun jika dikonsumsi berlebihan juga tidak baik.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *