Waspada, Angin Puting Beliung Mulai Landa Sukoharjo

Tiang listrik menjadi miring setelah diterjang angin puting beliung pada Rabu (9/1).

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Hujan deras disertai angin kencang mulai terjadi di Sukoharjo. Bahkan, pada Rabu (9/1) sore angin puting beliung menerjang sejumlah desa di tiga kecamatan. Dalam bencana angin tersebut, sejumlah rumah diketahui mengalami kerusakan. Selain itu, sejumlah pohon dan tiang listrik diketahui ambruk. Ada juga tiang listrik miring hingga patah setelah dierjang angin. Bahkan, dilaporkan sebuah nobil rusak setelah tertimpa pohon tumbang.



Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo Sri Maryanto mengatakan, ada empat desa yang terkena angin puting beliung pada Rabu (9/1) sore. Empat desa tersebut masing-masing Desa Kedungwinong dan Nguter di Kecamatan Nguter, Desa Parangjoro Kecamatan Grogol, serta Desa Ngrombo Kecamatan Baki. Rata-rata kerusakan yang terjadi adalah genteng yang terbawa angin.

“Di Desa Nguter ada pohon tumbang dan menimpa rumah serta mobil yang tengah parkir di halaman rumah,” ujar Maryanto, Kamis (10/1).

Menurutnya, angin di Desa Parangjoro, Kecamatan Grogol menyebabkan empat tiang listrik ambruk. Kondisi tersebut membuat aliran listrik padam. Maryanto mengaku, begitu menerima laporan ari warga, pihaknya langsung turun ke lokasi melakukan evakuasi bersama instansi terkait lainnya.

Dia juga mengatakan, sesuai perkiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), potensi hujan disertai angin kencang akan terus terjadi pada bulan ini. Untuk itu, BPBD meminta warga untuk selalu waspada terkait ancaman bencana angin puting beliung tersebut. (erlano putra)



Waspada, Angin Puting Beliung Mulai Landa Sukoharjo
4.3 (85%) 4 votes

Facebook Comments

News Feed