Ragam  

Warga Berharap Situs Sejarah Gunung Kunci Kartasura Bisa Dihidupkan Untuk Objek Wisata

Warga melakukan kerja bakti membersihkan situs serajah Gunung Kunci Kartasura, Minggu (10/3).

Sukoharjonews.com (Kartasura) – Kondisi situs sejarah Gunung Kunci di Kartasura dinilai memprihatinkan karena tidak terawat. Untuk itu, warga yang tinggal di kawasan tersebut berinisiatif untuk membersihkan situs tersebut. Aksi tersebut dilakukan oleh warga RT 4/9 Kelurahan Kartasura. Warga berencana menghidupkan situs tersebut sebagai objek wisata sejarah.



“Warga sendiri yang berinisiatif untuk membersihkan situs sejarah Gunung Kunci karena selama ini kondisinya tidak terawat. Situs tertutup ilalang dan semak belukar,” terang Ketua RW 9 Mawardi, Minggu (10/3).

Dikatakan Marwardi, situs Gunung Kunci terkait dengan petilasan Keraton Kartasura. Menurutnya, di situs tersebut terdapat makam keturunan keraton sampai makam abdi dalem. Situs Gunung Kunci dinilai memiliki nilai historis sehingga penting untuk dilestarikan. Bahkan, warga merasa situs tersebut bisa dijadikan objek wisata sejarah sehingga bisa menghidupkan situs.

Mawardi mengaku, selama ini pihak keraton maupun pemerintah belum ada langkah untuk mengembangkan situs tersebut. Untuk itu, warga berupaya untuk melakukan pembersihan sengan harapan situs bisa terlihat dengan jelas sehingga menarik perhatian masyarakat.

Hala senada diungkapkan Lurah Kartasura Didik Istiadi. Menurutnya, pemerintah kelurahan mengapresasi langkah yang dilakukan warga tersebut. Didik mengaku, pernah ada wacana dari warga untuk meramaikan Gunung Kunci yang merupakan situs peninggalan sejarah sebagai petilasan Keraton Kartasura. Hanya saja, Didik mengaku untuk menghidupkan situs tersebut tidak mudah.

“Kami pernah mengirim proposal untuk pengembangan situs Gunung Kunci. Namun, proposal tersebut belum ditindaklanjuti. Disisi lain, anggaran kelurahan juga tidak ada untuk pengembangan situs. Pembersihan akan dilakukan secara bertahap secara swadaya,” ujarnya. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *