Waduh,,, Program e-Warong Kekurangan Alat EDC

Ilustrasi Mesin EDC

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Sukoharjo masih kekurangan alat  Electronic Data Capture (EDC) untuk program Elektronik Warung Gotong Royong (E-Warong). Saat ini baru tersedia 84 unit alat untuk mendukung penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) tersebut.

Plt Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sukoharjo, Sarmadi mengatakan, idealnya pelaksanaan program tersebut membutuhkan 150 unit alat EDC. Hanya saja, sampai saat ini baru tersedia 84 unit alat EDC atau masih kekurang 66 unit. Meski demikian, lanjut Sarmadi, sesuai rencana program e-Warong tetap akan di mulai Mei nanti.

“Alat EDC masih kurang tapi program E-Warong tetap akan kami jalankan Mei mendatang,” ujar Sarmadi, Selasa (17/4).

Sarmadi menjelaskan, idealnya 1 unit EDC dipakai untuk melayani 300 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Namun, karena masih ketersediaan alat belum mencukupi, 1 EDC akan dipakai untuk melayani 600 EDC. Menurutnya, kekurangan alat EDC ini sudah disampaikan ke pemerintah pusat. Pihaknya berharap kekurangan alat ini bisa segera dipenuhi agar tidak menghambat pelaksanaan program E-Warong.

“Untuk sementara, kita akan memaksimal EDC yang ada. Yang penting program E-Warong jalan dulu,” lanjutnya.

Di sisi lain, warung yang akan ditunjuk menjadi e-Warong sudah dipersiapkan. Warung tersebut menyediakan berbagai barang kebutuhan pokok atau sembako. Pembelian di e-Warong sendiri dengan transaksi elektronik. Cara pembayarannya cukup dengan menggesekkan kartu yang dipegang KPM atau maupun Program Keluarga Harapan (PKH) ke alat EDC tersebut.

Sementara itu, Asisten II Sekda Sukoharjo, Widodo menambahkan, program e-Warong akan dimulai  dilaksanakan Mei mendatang. Karena itu, Maret dan April para KPM masih akan menerima bantuan dalam bentuk beras sejahtera (rastra). Menurutnya, hal ini sudah dikoordinasikan dengan pihak terkait termasuk sudah disosialisasikan ke para penerima KPM.

“Maret dan April masih ada penyaluran rastra karena e-Warong baru akan dilaksanakan Mei. Untuk jumlah penerima rastra dan teknis pendistribusian masih sama seperti sebelumnya,” ujar Widodo. (Sofarudin)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.