Virus Corona Merebak, SMP Islam Al Azhar 21 Soba Beri Penyuluhan Pada Murid

Murid SMPIA 21 Soba diberi penyuluhan kesehatan khususnya terkait virus corona, Jumat (7/2/2020).

Sukoharjonews.com (Baki) – SMP Islam Al Azhar (SMPIA) 21 Solo Baru (Soba) memberikan penyuluhan kesehatan pada murid, Jumat (7/2/2020). Penyuluhan tersebut sengaja digelar untuk memberikan pengertian pada siswa terkait merebaknya virus corona saat ini. Selain memberikan pengertian tentang virus tersebut, sekolah juga memberikan penjelasan mengenai langkah-langkah pencegahannya, etika batuk, dan penggunaan masker yang benar.



“Kegiatan ini merupakan bagian dari pendidikan kesehatan kepada murid untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat,” ujar Kepala SMP Islam Al Azhar 21 Solo Baru, Khilmi Dzulqornain.

Menurutnya, dalam kegiatan hari ini khusus terkait virus corona yang saat ini sudah menyebar ke berbagai belahan dunia. Khilmi mentatakan, melakukan perilaku hidup bersih dan sehat adalah salah satu sunnah yang dicontohkan oleh Rasulullaah SAW. Selain banyak berdoa agar tidak terkena virus corona, maka berperilaku hidup bersih dan sehat merupakan salah satu ikhtiar yang bisa kita lakukan agar terhindar dari virus tersebut.

Dengan kegiatan tersebut, diharapkan menumbuhkan kembali semangat berperilaku hidup bersih dan sehat dikalangan warga sekolah sehingga dapat mencegah penyebaran berbagai macam penyakit, termasuk virus corona. Dalam kesempatan tersebut, dokter sekolah Mirtha Dini Widorini menyampaikan mengenai pencegahan virus corona, etika batuk dan penggunaan makser yang benar.

Dalam kegiatan penyuluhan tersebut dokter Mirtha menjelaskan fungsi beberapa bagian masker dan jenis-jenis masker kesehatan. “Informasi yang beredar terkait penggunaan masker yang harus dibedakan pada saat sakit dan sehat adalah hoak,” ujarnya.

Dia mengatakan, sebagai salah satu bagian dari pencegahan virus corona adalah tercukupinya kebutuhan minum agar tenggorokan tidak kering. Untuk itu, murid diimbau untuk selalu sedia air putih tanpa menggunakan air putih kemasan sekali pakai. Selain untuk menjaga kesehatan, sekolah juga sekaligus mendukung gerakan mengurangi sampah plastik. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 3

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *