Vaksinasi Corona Sasar Pedagang Pasar, Bupati Pantau di Pasar Grogol

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani saat memantau vaksinasi untuk pedagang tak segan berinteraksi dan memperbaiki masker pedagang yang kurang pas pemakaiannya, Rabu (9/6/2021).

Sukoharjonews.com (Grogol) – Vaksinasi corona terus diberikan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten DKK) Sukoharjo. Selain tenaga kesehatan (nakes), petugas layanan publik, lansia, sebagian tenaga pendidik, vaksinasi juga menyasar pedagang pasar tradisional. Seperti yang dilakukan hari ini, Rabu (9/6/2021), vaksinasi dilakukan di Pasar Grogol dan Pasar Bekonang dan dipantau langsung Bupati Etik Suryani.




“Hari ini melihat langsung vaksinasi di Pasar Grogol. Sebelumnya vaksinasi juga sudah dilakukan di Pasar Tawangsari, Pasar Weru, Pasar Gatak, Baki dan Pasar Jamu Nguter. Harapannya berjalan lancar. Vaksinasi untuk pedagang pasar tradisional sudah dijadwal karena kuota vaksin terbatas, nantinya semua pedagang pasar tradisional akan mendapat vaksin,” terang Etik.

Dalam kesempatan itu Bupati meminta mMasyarakat untuk bisa bersabar karena kuota vaksin terbatas. Sasaran untuk pedagang pasar sekaligus untuk lansia karena banyak pedagang yang sudah lansia. Menurutnya, DKK sudah membuat jadwal untuk vaksinasi pada lansia, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir tidak akan mendapat vaksin karena semua lansia pasti akan mendapat giliran vaksinasi.

“Tidak usah kemrungsung karena sudah dijadwalkan. Tidak perlu takut dan khawatir tidak akan mendapatkan vaksin. Hari ini di Pasar Grogol dan Pasar Bekonang masing-masing 200 pedagang. Mudah-mudahan semua pedagang pasar tradisional di 12 kecamatan segera mendapat vaksinasi,” ujarnya.

Meski sudah divaksin, Bupati meminta masyarakat tetap harus prokes karena vaksin bukan obat tapi pencegahan dengan meningkatkan imun. Yang penting 5M, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Sedangkan Kepala DKK Sukoharjo, Yunia Wahdiyati menyampaikan, untuk perkembangan vaksinasi corona tenaga kesehatan (nakes) hingga 8 Juni, untuk dosis 1 sebanyak 9.485 orang dan dosis 2 sebanyak 9.050 orang. Sedangkan untuk petugas layanan publik, dosis 1 sebanyak 19.623 orang dan dosis 2 sebanyak 8.187 orang.

“Untuk lanjut usia, hingga 8 Juni vaksin dosis 1 sudah diberikan pada 27.286 orang dan untuk dosis 2 sebanyak 15.295 orang,” jelas Yunia.

Menurutnya, pemberian vaksin corona terus diberikan oleh DKK sesuai sasaran yang sudah ditetapkan. Selain nakes, petugas layanan publik, serta lansia, vaksin juga sudah diberikan untuk sebagian tenaga pendidik yang sekolahnya menggelar ujicoba Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Untuk Sukoharjo sendiri, hingga saat ini masih menggunakan vaksin dari Sinovac. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed