Ragam  

Vaksinasi Bertahap, Sudah 7.100 Ekor Sapi di Sukoharjo Diberi Vaksin PMK

Ilustrasi.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Pemberian vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terus diberikan pada hewan ternak secara bertahap. Saat ini, tercatat sudah 7.100 ekor sapi dari total populasi ternak sapi di Kabupaten Sukoharjo yang sudah diberi vaksin. Total populasi hewan ternak khususnya sapi seniri sebanyak 30.000 ekor.


“Pemberian vaksin PMK dilakukan secara bertahap menyesuaikan ketersediaan stok vaksin dari pemerintah pusat. Sedangkan untuk vaksinasi PMK tahap kedua sudah tersedia 2.100 vaksin siap disuntikan untuk ternak sapi disejumlah wilayah,” terang Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo, Arif Rahmanto, Selasa (2/8/2022).

Arif melanjutkan, dinas mencatat populasi ternak sapi di Kabupaten Sukoharjo ada sekitar 30.000 ekor tersebar merata di 12 kecamatan. Dari jumlah tersebut sebanyak 7.100 ekor sapi sudah menerima suntikan vaksin PMK. Pemberian vaksin sendiri dilakukan dengan sasaran prioritas sesuai petunjuk pemerintah pusat.

“Belum semua ternak sapi mendapat suntikan vaksin PMK. Baru ada 7.100 ekor sapi dari total populasi 30.000 ekor sapi. Vaksinasi dilakukan secara bertahap menunggu kiriman vaksin dari pusat,” lanjutnya.

Sebanyak 7.100 ekor sapi yang sudah mendapat suntikan vaksin PMK merupakan pelaksanaan vaksinasi tahap pertama. Vaksin PMK sudah dikirim sejak awal oleh pemerintah pusat dan telah diselesaikan pelaksanaan vaksinasinya oleh Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo.


“Peternak kami minta sabar menunggu giliran. Sebab vaksin PMK ini sepenuhnya kewenangan pusat. Kami di daerah sekedar melaksanakan penyuntikan saja,” kata Arif.

Arif mengaku saat ini dinas sudah memiliki stok sebanyak 2.100 vaksin PMK tahap kedua. Penyuntikan vaksin PMK akan dilaksanakan mulai Rabu (3/8/2022).

“Tahap kedua sudah ada 2.100 vaksin PMK tinggal pelaksanaan vaksinasi saja. Sasaran kami tetap ternak sapi sesuai kebijakan prioritas pemerintah pusat,” lanjutnya.

Vaksinasi PMK tahap kedua rencananya akan dilaksanakan di wilayah Desa Mertan dan Desa Jagan Kecamatan Bendosari, Kecamatan Polokarto, Kecamatan Baki, Kecamatan Grogol dan Kecamatan Nguter. Sapi yang akan mendapat vaksin terlebih dahulu sudah dilakukan pendataan oleh petugas. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.