Univet Bantara Sukoharjo Terjunkan Mahasiswa KKN 3T di Sorong Papua

Univet Bantara Sukoharjo saat sosialisasi dan pembagian lokasi KKN reguler di Auditorium, Jumat (3/6/2022).

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Kabupaten Sukoharjo akan menerjunkan mahasiswanya mengikuti KKN 3T (tertingal, terdepan, terluar) di Kabupaten Sorong, Provinsi Papua. Pemberangkatan KKN 3T tersebut bersamaan dengan KKN Reguler Periode I Tahun 2022/2023 pada 8 Agusrus 2022 mendatang.


“KKN 3T di Sorong, Papua ini juga kolaborasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka atau MBKM dengan empat perguruan tinggi di Sorong,” jelas Kepala Pusat KKN Univet Bantara Sukoharjo, Pranichayudha Rohsulina usai acara Sosialisasi KKN di Auditorium Univet, Jumat (3/6/2022).

Dikatalan Icha-sapaan akrab Pranichayudha Rohsulina-empat perguruan tinggi (PT) di Sorong yang berkolaborasi tersebut masing-masing UM Sorong, Unimuda Sorong, UM Purwokerto, dan UM Surabaya. KKN 3T sendiri akan berlangsung selama 30 hari. Berbeda dengan KKN reguler yang berlangsung selama 45 hari.

Untuk KKN periode 1 ini, lanjut Icha, total mahasiswa yang mengikuti sebanyak 555 mahasiswa termasuk yang KKN 3T di Sorong. Nantinya, KKN akan berlangsung di lima kabupaten dan tersebar di 53 desa/kelurahan.

“Tema KKN ini ini adalah “Pemberdayaan Jiwa Entrepreneur Masyarakat Melalui Ekonomi Kreatif” sehingga bisa menaungi semua disiplin ilmu mahasiswa. Lokasi KKN sendiri ada di Kabupaten Sukoharjo, Karanganyar, Wonogiri, Sragen, dan Sorong,” jelasnya.

Icha juga menyampaikan jika KKN periode 1 ini merupakan yang perdana dijalankan secara luring terbatas. Pasalnya, selama pandemi KKN berjalan secara terbatas di wilayah masing-masing mahasiswa. Meski luring, Icha mengaku jumlah mahasiswa setiap desa dibatasi 10 orang.

Disinggung tentang persiapan mahasiswa yang akan mengikuti KKN 3T dan reguler, Icha mengaku mahasiswa harus mempersiapkan diri terjun ke masyarakat. Terlebih lagi yang akan mengikuti KKN 3T di Sorong benar-benar harus siap dan membekali dengan berbagai keterampilan.

“Nanti sebelum penerjunan akan digelar pembekalan terlebih dahulu pada 26-28 Juli. Setelah itu baru penerjunan pada 8 Agustus,” terangnya. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.