Univet Bantara Sukoharjo Targetkan Raih 1.500 Mahasiswa Baru Tahun Ini

Rektor Univet Bantara Sukoharjo, Prof Farida Nugrahani (tengah).

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Suoharjo optimistis menatap Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun ini. Univet menargetkan dapat meraih 1.500 mahasiswa baru setelah dalam PMB sebelumnya jumlah mahasiswa yang masuk dibawah 1.000 karena terdampak pandemi corona.


“Pandemi corona berdampak pada jumlah mahasiswa yang masuk Univet, tapi tahun ini kami menargetkan bisa 1.500 mahasiswa dari sebelumnya sekitar 800-an mahasiswa,” jelas Rektor Univet Bantara Sukoharjo, Prof Farida Nugrahani, Sabtu (9/4/2022).

Menurut Farida, saat ini kondisi pandemi sudah mulai membaik dan ekonomi masyarakat juga menggeliat dan mulai tumbuh. Kondisi tersebut membat Univet optimistis bisa meraih mahasiswa sesuai target.

Disinggung tentang program studi (prodi) yang banyak diminati di Univet Bantara, Farida berharap semua prodi di Univet diminati masyarakat. Namun, selama ini yang paling banyak mendapat mahasiswa adalah Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), juga PGSD FKIP, Prodi Pertanian juga mulai mendapatkan banyak mahasiswa.

“Begitu juga untuk FISIP juga mengalami penambahan jumlah mashasiswa yang cukup banyak untuk Prodi Ilmu Komunukasi,” ujarnya.

Menurut analisis kami, lanjut Farida, masyarakat percaya pada Univet Bantara karena menerapkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan menggandeng mitra dunia usaha dan industri. Seperti mahasiswa pertanian dimana Univet mengirim mahasiswa ke Jepang untuk mengikuti program magang. Juga melakukan pertukaran mahasiswa dengan beberapa perguruan tinggi.

“Saat ini ada 77 mahasiswa Univet yang kuliah di perguruan tinggi luar dan kami juga menerima 72 mahasiswa dari perguruan tinggi lain baik negeri maupun swasta sehingga jadi program yang menarik minat calon mahasiswa,” terangnya.

Prof Farida juga mengatakan, selama ini Bagian Humas dan Kerjasama selalu muter untuk membuat MoU dengan perguruan tinggi lain dimana saat ini sudah ada 13 MoU dengan perguruan tinggi dan dunia usaha di luar negeri. “Tidak hanya MoU tapi langsung MoA, jadi langsung action,” tandasnya.

Untuk daftar mahasiswa Univet, tambah Farida, dilakukan dua cara, yakni online dan offline. Selain itu, bagi mahasiswa dari luar Sukoharjo juga disediakan layanan asrama dengan biaya terjangkau. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *