Ragam  

Total DIPA Polres 2020 Rp86 Miliar Plus Dana Pengamanan Pilkada Rp2,5 Miliar

Kapolres Sukoharjo, AKBP Bambang Yugo Pamungkas.

Sukoharjonews.com (Suoharjo) – Anggaran operasional Polres Sukoharjo untuk tabun 2020 mencapai Rp86 miliar. Hal itu terungkat dalam Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Polres Sukoharjo yang telah disosialisasikan. Nilai tersebut naik Rp4 miliar karena tahun ini DIPA Polres hanya Rp82 miliar. Selain memperoleh kenaikan anggaran, Polres juga menerima dana hibah dari Pemkab Sukoharjo Rp2,5 miliar. Dana tersebut digunakan untuk pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada ) 2020 mendatang.



Kapolres Sukoharjo AKBP Bambang Yugo Pamungkas menyampaikan, sesuai paparan dari Kabag Ren Polres, Kompol Tri Hartini, anggaran Polres mengalami kenaikan karena ada peningkatan untuk belanja pegawai dan juga belanja barang. Untuk tahun 2010 mendatang, Polres Sukoharjo tidak mendapatkan alokasi belanja modal. Pasalnya, pengajuan pembangunan kantor Mapolres di Kelurahan Mandan belum disetujui Mabes Polri. Padahal Polres Sukoharjo telah mengusulkan anggaran untuk pembangunan sejak 2018.

“Untuk pembangunan Mapolres belum bisa dilaksanakan tahun depan, semoga tahun 2021 bisa dianggarkan,” ujar Kapolres, Kamis (26/12).

Rincian DIPA Polres 2020 antara lain dialokasikan untuk belanja pegawai sebesar Rp62 miliar dan belanja barang Rp24 miliar. DIPA tahun 2020 akan direalisasikan pada sembilan program. Antara lain program dukungan manajemen dan pelaksanaan teknis dengan alokasi Rp63 miliar. Untuk peningkatan sarana prasarana aparatur Polri Rp6 miliar, program pengawasan dan peningkatan akuntabilitas aparatur Polri alokasi dana Rp116 miliar, program pemberdayaan sumber daya manusia Polri Rp3 juta, program pengembangan strategi keamanan dan kerertiban Rp2,6 miliar, serta program pemberdayaan potensi keamanan dengan alokasi Rp3,5 miliar.

Selain itu, juga untuk program pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat dengan alokasi dana Rp7 miliar, program penyelidikan dan penyidikan tindak pidana dengan alokasi dana Rp3 miliar serta program pengembangan hukum kepolisian sebesar Rp24,9 juta. Khusus untuk program pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat mengalami penurunan anggaran dari Rp10 miliar menjadi Rp7 miliar.

“Selain itu, kami juga memperoleh dana hibah pengamanan Pilkada 2020 dari Pemkab Sukoharjo sebesar Rp2,5 miliar,” tambah Kapolres. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *