“Top Gun: Maverick” Lewati “Doctor Strange 2” sebagai Film Terlaris Tahun Ini di AS

Bintang “Top Gun: Maverick”, Tom Cruise. (Foto: Tangkapan layar Youtube)

Sukoharjonews.com – “Top Gun: Maverick” melonjak melewati 400 juta dolar AS di box office domestik, menjadikannya film terlaris tahun ini di AS. Pencapaian itu melewati film “Doctor Strange 2” yang meraih pendapatan 398 juta dolar AS.


Dikutip dari Variety, Rabu (15/6/2022), dengan 401,8 juta dolar AS dalam penjualan tiket Amerika Utara, blockbuster patriotik Tom Cruise telah melampaui “Doctor Strange in the Multiverse of Madness” yang meraih 398 juta dolar AS untuk mengklaim tempat No 1. Ini hanya film kedua di masa pandemi yang melampaui 400 juta dolar AS di Amerika Serikat.

Tentu saja, ini hanya bulan Juni, jadi “Maverick” harus melawan kelas berat seperti “Thor: Love and Thunder” (8 Juli), “Minions: The Rise of Gru” (1 Juli) dan “Black Panther: Wakanda Forever” (11 November) untuk mempertahankan mahkota domestik hingga 2022.

Secara internasional, sekuel “Top Gun” tahun 1986 telah menghasilkan 362 juta dolar AS, menjadikan total globalnya menjadi 783,8 juta dolar AS. Bahkan, menurut standar pra-covid, “Maverick” menghancurkan ekspektasi box office. Karena, penjualan tiket tetap kuat dalam beberapa pekan terakhir, analis industri percaya film ini setidaknya akan melampaui 900 juta dolar AS pada akhir pemutaran teaternya dan bahkan bisa melampaui angka 1 miliar dolar AS.

“Top Gun: Maverick” sudah berdiri sebagai film terlaris Cruise di Amerika Utara, tetapi hampir menjadi film aktor terbesar di box office global. “Mission: Impossible – Fallout,” yang mengumpulkan 791 juta dolar AS di seluruh dunia pada tahun 2018, saat ini berdiri sebagai blockbuster terlaris sepanjang masa.

Pencapaian terbesar Cruise lainnya termasuk “Mission: Impossible – Ghost Protocol” tahun 2011 (695 juta dolar secara global), “Mission: Impossible – Rogue Nation” tahun 2015 (683 juta secara global) dan “War of the Worlds” (603 juta secara global).

“Top Gun: Maverick” dibuka selama akhir pekan Memorial Day dan mencetak rekor liburan, mengumpulkan 160,5 juta dalam empat hari pertama rilis. Itu adalah film pertama dalam 40 tahun karir Cruise yang melampaui 100 juta dolar dalam satu akhir pekan.

Disutradarai oleh Joseph Kosinski, “Top Gun: Maverick” yang dianggarkan 170 juta dolar mengambil beberapa dekade setelah aslinya dan mengikuti Pete “Maverick” Mitchell dari Cruise saat ia melatih sekelompok penerbang sombong baru untuk tugas penting. Pemerannya termasuk Miles Teller, Glen Powell, Jon Hamm, Jennifer Connelly dan Val Kilmer, yang memerankan Iceman di “Top Gun” pertama. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *