TMMD Sengkuyung II Digelar di Desa Pengkol, Bangun Jalan Beton 937 Meter

Wakil Bupati Sukoharjo Purwadi secara simbolis menyerahkan bantuan sarana prasarana untuk TMMD Sengkuyung II usai upara pembukaan di Lapangan Desa Pengkol, Nguter, Kamis (11/7).

Sukoharjonews.com (Nguter) – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II kembali bergulir. Kali ini, TMMD dilaksanakan di Desa Pengkol, Kecamatan Nguter, Sukoharjo. TMMD sendiri bertujuan untuk membantu pembangunan di tingkat desa. Salah satu program fisik yang menjadi sasaran pokok dalam TMMD Sengkuyung Tahap II kali ini adalah membangun jalan beton sepanjang 937 meter.



Perwira Pelaksana TMMD Kapten Czi Hartono dalam laporannya menyampaikan, manfaat program TMMD adalah terwujudnya peningkatan pembangunan pedesaan dan kesejahteraan, peningkatan cinta tanah air dan bela negara, peningkatan kesadaran berbangsa dan bernegara, dan terwujudnya keamanan dan ketertiban masyarakat. Selain itu, juga terwujudnya peningkatan keimanan dan ketaqwaan pada Tuhan.

“TMMD Sengkuyung Tahap II memiliki dua program utama, yakni program fisik dan program nonfisik,” jelasnya.

Lebih lanjut disampaikan Hartono, untuk sasaran fisik pokok berupa pembangunan jalan beton di Dukuh Sawah Jero RT 2/4 dengan panjang 937 meter, lebar 2,5 meter dan ketebalan 0,12 meter serta pembangunan jembatan di Dukuh Sawah Jero RT 2/4 dengan panjang 2,70 meter, lebar 4 metr dan tinggi 1,80 meter. Untuk sasaran tambahan berupa pembuatan dua unit Poskamling di Dukuh Sawah Jero RT 1/4, rehap dua unit masjid masing-masing Masjid Al Barokah di Dukuh Jatirejo RT 3/6 dan masjid Al Hidayah di Dukuh Sawah Jero RT 1/4. Sasaran tambahan lainnya adalah pembuatan tiga unit jamban keluarga serta rehab rumah tidak layak huni.

Untuk sasaran nonfisik, ujar Hartono, berupa penyuluhan Wasbang bela negara, penyuluhan kamtibmas, sosialisasi pembangunan, dan baksos pengobatan massal. Sumber dana TMMD Sengkuyung Tahap II sendiri berasal dari APBD provinsi sebesar Rp225 juta, APBD Sukoharjo Rp150 juta, serta CSR Bank Jateng Rp100 juta sehingga totalnya mencapai Rp475 juta.

Sementara itu, Wakil Bupati Sukoharjo Purwadi membacakan sambutan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyampaikan, TMMD adalah salah suatu program terpadu antara TNI dan pemerintah daerah yang bertujuan untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan di daerah. Dengan harapan, kesejahteraan masyarakat di daerah juga meningkat. Selain sasaran pokoknya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, TMMD juga bertujuan sebagai upaya mempererat kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“TMMD dapat terlaksana dengan baik apabila ada gotong royonh dan kerja sama yang saling mendukung daru semua unsur yang terlibat, baik TNI, Polri, Pemda dan masyarakat,” ujar Purwadi.

Lebih lanjut diungkapkan, titik berat program TMMD adalah desa miskin, terisolir dan terpencil, serta daerah kumuh perkotaan. TMMD sangat di butuhkan dalam mempercepat proses pembangunan dan peningkatan kesejahteraan rakyat khususnya di Jateng. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed