Tips Olahraga yang Mudah dan Baik Dilakukan Ketika Menstruasi

Olahraga yang baik saat menstruasi. (Foto: Sofy)

Sukoharjonews.com – Saat datang bulan tiba, biasanya perempuan menjadi malas melakukan aktivitas apapun, termasuk olahraga. Apalagi saat masa-masa hari awal. Namun, Anda juga harus ingat ketika menstruasi, perempuan menjadi banyak kekurangan cairan. Oleh karena itu, perempuan sangat disarankan untuk berolahraga ringan pada awal menstruasi.


Mengutip dari Pinkvilla, Sabtu (3/12/2022) simak olahraga yang baik selama masa menstruasi :

1. Berjalan
Hormon yang mengontrol siklus menstruasi Anda dapat berfluktuasi akibat aktivitas berat, tetapi olahraga ringan seperti berjalan bermanfaat sepanjang waktu dan memungkinkan Anda mempertahankan rutinitas kebugaran, yang jelas melibatkan olahraga yang lebih singkat dan tidak terlalu berat. Sangat bermanfaat untuk dapat mengurangi beberapa gejala PMS sambil mempertahankan tujuan kebugaran Anda.

2. Pilates
Pilates, yang merupakan latihan yang lebih lembut dan berdampak rendah yang dapat Anda lakukan dengan kecepatan Anda sendiri, memiliki efek yang sangat besar pada kesehatan dan kebugaran umum serta nyeri haid. Pilates meningkatkan aliran darah, terutama ke otot-otot daerah panggul. Anda dapat meningkatkan relaksasi otot-otot ini dengan melatih otot-otot panggul, yang akan meningkatkan sirkulasi darah.


3. Angkat beban
Jika Anda tidak bisa berjalan-jalan atau ke gym, setidaknya Anda bisa mengangkat beban ringan di rumah. Pertahankan rutinitas olahraga Anda tetapi kurangi intensitasnya, terutama jika Anda merasa lelah. Pilih bobot yang lebih ringan untuk latihan Anda jika Anda terbiasa melakukan latihan kekuatan intensif.

4. Yoga
Bagi mereka yang membenci gym dan lebih memilih aktivitas fisik tanpa mesin, yoga sangat dianjurkan. Banyak postur yoga membantu meningkatkan aliran darah dan meredakan penyakit yang tidak menyenangkan. Yoga bermanfaat untuk kesehatan fisik dan emosional Anda, dan latihan sehari-hari dapat membantu Anda merasa tidak terlalu tegang, mudah tersinggung, dan sedih. Ini juga dapat membantu Anda tetap sehat selama menstruasi. (cita septa/mg)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *