Tips Menyimpan Sayur Dalam Kulkas Agar Tidak Cepat Membusuk

Tips menyimpan sayuran di kulkas. (Foto: Astro)

Sukoharjonews.com – Tidak ada salahnya menyimpan sayuran di dalam kulkas. Cara menyimpan sayuran di kulkas yang tepat dapat memperpanjang masa waktu dan mencegah proses pembusukan. Ada cara guna mempertahankan kualitas sayur dan agar tidak cepat membusuk, terdapat beberapa hal yang mesti Moms perhatikan.


Dilansir dari Home and Living, Rabu (28/12/2022), berikut ini cara menyimpan sayuran di kulkas yang sebaiknya dipraktikkan:

1. Menjaga Tingkat Kelembapan Sayuran
Cara menyimpan sayuran di kulkas yang pertama, yakni menjaga tingkat kelembapan sayuran tersebut.Sayuran mengandung 90 persen air. Nah, kandungan air inilah yang seharusnya dijaga dengan baik. Dengan begitu, sayuran bisa bertahan lama dan tidak cepat membusuk.

Selain itu, upayakan agar sayur tetap memiliki sirkulasi udara di dalam kulkas. Caranya, masukkan sayuran pada wadah plastik dan lubangi kecil-kecil di setiap sisinya.


2. Cuci dan Keringkan Sayuran Sebelum Menyimpannya
Setelah Moms selesai belanja sayuran, sebaiknya langsung cuci bersih menggunakan air mengalir.Lebih baik lagi jika sayuran dicuci menggunakan sabun antibakteri berlabel food grade. Tujuannya adalah agar semua bakteri di dalam sayuran cepat mati.

Tahukah Moms bahwa bakteri di dalam sayur menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya pembusukan?Jangan keringkan sayuran dengan lap setelah dicuci dan masukkan ke dalam kulkas, ya, Moms!

3. Pisahkan Buah dan Sayuran
Jika Moms belanja sayuran dan buah-buahan sekaligus, sebaiknya pisahkan keduanya saat sudah dimasukkan ke dalam kulkas. Sebab, buah-buahan menghasilkan zat etilen yang membuat bahan makanan lain menjadi cepat matang.Jika disatukan dengan sayuran, maka sayuran tersebut akan lebih cepat membusuk.

Oleh sebab itu, jangan lupa pisahkan sayuran dan buah-buahan ketika akan dimasukkan ke dalam kulkas, ya, Moms.

Caranya bisa dilakukan dengan menggunakan wadah yang berbeda, sehingga tidak terjadi gesekan di antara kaduanya saat disimpan dalam kulkas.


4. Sortir Sayuran Sebelum Disimpan
Cara menyimpan sayuran di kulkas yang selanjutnya adalah menyortirnya terlebih dulu.

Jika Moms sudah terlanjur membeli sayuran yang sedikit ‘cacat’, buanglah bagian tersebut agar kerusakannya tidak menyebar ke bagian lainnya. Moms juga perlu memotong bagian akar sayuran. Sebab, di sana terdapat bakteri yang bisa merusak kesegaran sayuran tersebut.

5. Periksa Sayuran secara Berkala
Langkah selanjutnya, yakni memeriksa kondisi sayuran secara berkala.Pada umumnya, kualitas sayuran hanya mampu bertahan selama 3 hari saja di dalam kulkas. Jadi, jika Moms ingin menyimpannya lebih dari waktu tersebut, disarankan untuk melakukan pengecekan suhu kulkas secara berkala.

Jangan lupa juga membuang daun yang sudah menguning, ya. Dengan demikian, bagian ‘busuk’ tersebut tidak menyebar ke area lain yang masih layak dikonsumsi. (patrisia argi/mg)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *