Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi yang Penting Diketahui

Tips menurunkan tekanan darah tinggi. (Foto: HonestDocs)

Sukoharjonews.com – Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko utama penyakit jantung dan stroke. Tekanan darah normal adalah sekitar 120/80 mmHg atau sedikit lebih rendah. Jika tekanan darah seseorang berada di atas angka ini, maka orang tersebut dikatakan mengalami peningkatan tekanan darah.


Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan seseorang mengalami tekanan darah tinggi, yaitu usia lanjut, faktor keturunan atau memiliki keluarga kandung dengan riwayat tekanan darah tinggi, jarang berolahraga atau memiliki berat badan berlebih (obesitas), sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat, termasuk banyak mengonsumsi garam, kebiasaan merokok atau mengonsumsi alkohol, sering stres.

Melansir dari WebMD, Selasa (7/2/2023), berikut ini adalah beberapa langkah mudah untuk membantu menurunkan tekanan darah:

1. Batasi Kafein
Jika Anda sensitif terhadap kafein, setidaknya 200mg dapat meningkatkan tekanan darah Anda. Hal itu setara dengan dua cangkir kopi. Kafein juga terdapat di makanan lain seperti soda dan minuman berenergi. Periksa tekanan darah Anda sekitar setengah jam setelah Anda minum kafein.


2. Makan lebih banyak probiotik
Kesehatan usus Anda berperan dalam tekanan darah Anda, meskipun para ahli masih mencoba mencari tahu hubungannya. Sejauh ini, penelitian menunjukkan bahwa makanan dengan bakteri “baik” bernama probiotik dapat membantu menjaga tekanan darah yang sehat. Untuk mendapatkan manfaat ini, makanlah lebih banyak yogurt. Makanan fermentasi seperti kimci, miso, dan tempe juga kaya akan probiotik.

3. Berhenti merokok
Nikotin mempersempit pembuluh darah Anda dan membuat jantung Anda berdetak lebih cepat, yang meningkatkan tekanan darah Anda. Jika Anda berhenti merokok, Anda mungkin menemukan bahwa tekanan darah Anda kembali ke kisaran normal.

4. Perhatikan tidur Anda
Kebanyakan orang membutuhkan 7 hingga 8 jam untuk menutup mata setiap malam. Jika Anda menderita insomnia, bicarakan dengan dokter Anda tentang apa yang membuat Anda sulit tidur.


5. Kurangi garam
Terlalu banyak natrium dalam diet Anda dapat meningkatkan tekanan darah Anda. Targetkan tidak lebih dari 1.500 miligram setiap hari. Untuk tetap dalam kisaran itu, makan lebih sedikit makanan kaleng dan kemasan. Baca label dan pilih merek dengan jumlah natrium paling sedikit. Alih – alih meraih tempat garam di meja, gunakan lada segar atau perasan lemon.

6. Cek tekanan darah
Saat Anda menggunakan monitor tekanan darsh di rumah, Anda dapat melihat bagaimana pembacaan Anda berubah setiap hari dan setiap waktu. Lacak nomor Anda di buku catatan atau ponsel Anda sehingga Anda dapat membagikannya pada dokter Anda. Jika Anda minum obat untuk mengatur tekanan darah Anda, pengukuran ini dapat menunjukkan seberapa baik kerjanya. (cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *