Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Gencarkan Sosialisasi Pilgub

Sekretaris KPU Sukoharjo Suhadi beersama anggota KPU Nuril Huda dan Yulianto Sudrajat melakukan pengecekan logistik Pilgub berupa poster untuk keperluan sosialisasi pada masyarakat.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng masih sekitar lima bulan lagi. Selain melakukan tahapan yang ada, KPU Sukoharjo secara kontinyu intensif melakukan sosialisasi pelaksanaan Pilgub 27 Juni mendatang. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pilgub mendatang.



“Persiapan yang kami lakukan sesuai tahapan yang ada. Sebentar lagi tepatnya mulai 20 Januari mendatang akan dilakukan pencocokan dan penelitian atau coklit,” ujar Ketua KPU Sukoharjo Kuswanto, Jumat (12/1).

Menurutnya, sosialisasi menjadi salah satu bagian yang penting di setiap agenda pemilu. Sasaran sosialisasi salah satunya adalah para pemilih pemula. Dengan sosialisasi diharapkan dapat menekan angka golput di Sukoharjo. Dengan sosialisasi yang intensif, diharapkan tingkat partisipasi bisa maksimal.

Anggota KPU Sukoharjo Divisi Sosialisasi Yulianto Sudrajat menambahkan, salah satu materi sosialisasi Pilgub Jateng yang sangat penting dikatakan adalah waktu pelaksanaan Pilgub pada 27 Juni mendatang. Dikatakan Drajat-sapaan akrab Yulianto Sudrajat-sosialisasi yang dilakukan bisa melalui berbagai media. Antara lain poster, pemasangan baliho, mendatangi pusat keramaian, hingga menggelar kegiatan.

“Kami sudah mencetak poster untuk keperluan sosialisasi. Poster itu akan kami distribusikan ke desa-desa maupun kelurahan agar ditempel di papan pengumuman,” ujarnya.

Dalam media informasi tersebut juga tertera sejumlah agenda kegiatan menyambut Pilgub Jawa Tengah 2018. Seperti jadwal Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) mendatangi rumah pemilih 20 Januari – 18 Februari, Penyusunan Daftar Pemilih 19 Februari – 4 Maret dan lainnya. Tahapan Pilgub tersebut menjadi salah satu materi sosialisasi pada masyarakat.

Ssialisasi yang dilakukan KPU Sukoharjo diakui Drajat menyasar semua lapisan. Baik pemilih lama maupun n pemilih pemula. Selain itu, KPU juga memaksimalkan keberadaan Rumah Pintar Pemilu di Kantor KPU Sukoharjo. Selama ini, Rumah Pintar Pemilu tersebut sering menerima kunjungan siswa SMA sederajat untuk mengenal proses pemilu di Indonesia. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.