Tim U-16 Indonesia Bersiap Tatap Turnamen AFF di Yogyakarta

Pemusatan latihan Timnas U-16. (Foto: Dok PSSI)

Sukoharjonews.com (Yogyakarta) – Timnas U-16 Indonesia tengah menjalani pemusatan latihan di Yogyakarta. Pemusatan latihan dilakukan untuk mempersiapkan tim menghadapi turnamen AFF U-16 yang akan diselenggarakan di Yogyakarta, tanggal 31 Juli hingga 12 Agustus 2022.


Pelatih Timnas U-16, Bima Sakti mengatakan jika anak-anaknya sudah sangat berkembang pesat setelah dua minggu pemusatan latihan di Yogyakarta.

“Anak-anak sudah banyak berubah dari cara bermain, taktik, teknik dan dan disiplinnya. Kerangka tim kami juga sudah terbentuk. Kami tinggal menunggu regulasi dari AFF berapa pemain yang bisa didaftarkan,” katanya, dikutip dari laman PSSI, Selasa (26/7/2022).

“Saat ini, di tim ada 30 pemain dan semua memiliki kesempatan yang sama untuk berlaga di turnamen,” lanjutnya.

Sejauh ini, tim sudah melakukan dua kali uji coba, melawan Porprov DIY U-20 dimana tim ini mendapat pelajaran berharga, takluk dengan skor 2-0. Kemudian disusul dengan perlawanan dari Porda Sleman U-18. Garuda Asia menang telak dengan skor 5-1.

“Dari dua kali laga uji coba, lawan kami semua memang memiliki selisih umur satu dan dua tahun diatas anak-anak, pertama kami memang kalah, tapi saya senang anak-anak bisa bangkit kembali dan memenangkan laga uji coba kedua dengan skor yang bagus,” ucap Bima.

Status timnya sebagai tuan rumah di kejuaraan AFF nanti membuat Bima sebagai pelatih Garuda Asia tidak mau kehilangan momentum. Dia meminta para pemain harus tampil menekan sejak laga pertama.


“Sebagai tuan rumah, saya mau tim bermain menekan dan lebih ke depan. Kami harus memaksimalkan setiap laga yang semuanya penting. Saya menekankan kepada pemain mereka mesti fokus dan berusaha memenangkan laga demi laga,” ujar Bima Sakti.

Memasuki minggu ketiga pemusatan latihan, Bima mengatakan timnya akan lebih memaksimalkan kekurangan yang ada. “Ada beberapa kelemahan akan kita perbaiki disisa persiapan sisa minggu ini. Untuk defending, attacking, transisi positive dan negative akan kita koreksi dan perbaiki lagi. Dan tentunya set piece attack maupun defend juga akan kita benahi, agar bisa lebih baik,” jelasnya.

“Saya berharap tim ini lebih siap dalam mengarungi turnamen Piala AFF U-16,” sambungnya.

Indonesia berada di Grup A bersama tim-tim seperti Vietnam, Singapura, dan Filipina. Bima mengatakan, untuk level kelompok umur, tim negara-negara peserta kekuatannya semua hampir merata.

Piala AFF U-16 akan diselenggarakan di Stadion Maguwoharjo Sleman, dan Stadion Sultan Agung di Bantul. Pada laga pertama, Garuda Asia akan menghadapi tantangan dari Filipina di Stadion Maguwoharjo, Sleman, tanggal 31 Juli 2022 pukul 20.00 WIB. Dengan adanya dukungan dari suporter Indonesia setempat, diharapkan dapat membantu target juara tim ini sebagai tuan rumah. (nano)

Jadwal Pertandingan Tim U-16 Indonesia:

31 Juli 2022, pukul 20.00 WIB – Indonesia vs Filipina, Stadion Maguwoharjo, Sleman

3 Agustus 2022, pukul 20.00 WIB – Singapura vs Indonesia, Stadion Maguwoharjo, Sleman

6 Agustus 2022, pukul 20.00 WIB – Indonesia vs Vietnam, Stadion Maguwoharjo, Sleman.


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 3 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.