Tim Dosen FE Univet Bantara Sukoharjo Beri Pelatihan Budidaya Sayuran Hidroponik

Tim Dosen FE Univet Bantara Sukoharjo mengimplementasikan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema “Pelatihan Budidaya dan Kewirausahaan Bisnis Sayuran Organik melalui Teknik Hidroponik di Kelompok PKK Desa Gawanan, Kecamatan Colomadu, Karanganyar.

Sukoharjonews.com (Karanganyar) – Tim Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Veteran Bangun Nusantara (FE Univet Bantara) Sukoharjo mengimplementasikan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema “Pelatihan Budidaya dan Kewirausahaan Bisnis Sayuran Organik melalui Teknik Hidroponik. Kegiatan dilakukan di Kelompok PKK Madu Asri Blok C RT 03/09 Desa Gawanan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar.


Ketua PKM FE Univet Bantara Sukoharjo, Salman Faris Insani, menyampaikan bahwa kegiatan PKM tersebut dilakukan bulan Mei-Juli 2022. Dalam kegiatan tersebut, tim dosen yang terlibat terdiri dari tiga orang, yakni dirinya, Yoppi Syahrial, dan Ardian Prima Putra.

“Dalam kegiatan PKM ini kami juga didukung oleh praktisi dalam bidang bisnis sayuran hidroponik dan juga mahasiswa,” ujar Salman, dalam rilis yang diterima Sukoharjonews.com, Kamis (21/7/2022).

Kegiatan PKM sendiri bertujuan untuk memberikan gambaran umum terkait dengan konsep dan tahapan dalam praktik budidaya dan kewirausahaan bisnis sayuran hidroponik. Pelaksanaan pelatihan terbagi menjadi empat sesi, yakni sosialisasi dan praktik instalasi sayuran organik melalui teknik hidroponik, sosialisasi dan motivasi kewirausahaan, sosialisasi dan praktik pembukuan ringkas berbasis sistem tata buku tunggal, serta sosialisasi dan praktik digital marketing berbasis aplikasi imooji.

Menurut Salman, pemilihan bisnis sayuran hidroponik sebagai bidang usaha yang diusulkan kepada mitra dinilai tepat. Pasalnya, ibu-ibu di perumahan Madu Asri Blok C mayoritas adalah ibu rumah tangga yang aktif bergabung dalam kegiatan PKK. Selain itu, ibu-ibu PKK juga berminat untuk mendapatkan penghasilan tambahan sekaligus mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat.

“Ada banyak cara untuk menumbuhkan jiwa wirausaha, diantaranya adalah dengan berfikir positif, pantang menyerah, serta senantiasa mendekatkan diri kepada Tuhan,” tambah anggota tim dosen, Ardian Prima Putra.

Sedangkan Ketua Kelompok PKK Madu Asri Blok C, Ibu Margono mengaku memperoleh banyak manfaat dalam kegiatan tersebut “Acara ini sangat bagus bagi sebagian besar peserta yang sudah memasuki masa pensiun. Kami bisa menyalurkan hobby melalui kegiatan positif, sekaligus bisa merintis usaha dan memperoleh tambahan penghasilan,” ujarnya. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.