Tidak Hanya Menyegarkan, Simak Manfaat Buah Kelapa Bagi Kesehatan Tubuh!

Manfaat buah kelapa untuk kesehatan. (Foto: Gardening Know How)

Sukoharjonews.com – Buah Kelapa merupakan buah yang tumbuh di daerah yang beriklim tropis. Dari pohon hingga buah, banyak sekali manfaat dari buah ini. Bagaimana tidak? Daging buah dan airnya selain bisa dijadikan sebagai minuman, buah kelapa yang sudah tua juga bisa dijadikan sebagai santan.


Oleh karena itu, banyaknya manfaat dari buah kelapa ini juga tak lepas akan kandungan nutrisi di dalamnya. Lantas, apa saja manfaat dari buah kelapa bagi kesehatan? Melansir dari Healthline, Senin (19/12/2022), berikut beberapa manfaat buah kelapa untuk kesehatan:

1. Mengandung Anti Bakteri
Manfaat buah kelapa selanjutnya yaitu mengandung sifat antibakteri. Hal tersebut tentu sangat bermanfaat bagi kesehatan. Pasalnya, dengan mengkonsumsi buah kelapa mampu mengahambat dan mencegah pertumbuhan bakteri dalam tubuh yang dapat memicu berbagai penyakit.

2. Menurunkan Berat Badan
Manfaat buah kelapa untuk kesehatan lainnya yaitu mampu membantu menurunkan berat badan. Sehingga buah kelapa sangat cocok dikonsumsi saat diet menurunkan berat badan. Hal tersebut dikarenakan buah kelapa mengandung serat dan protein serta rendah gula. Sehingga dapat membuat perut akan terasa lebih kenyang dan kebutuhan nutrisi tetap terjaga.


3. Mengandung Banyak Gizi
Buah kelapa termasuk salah satu jenis buah yang mengandung banyak gizi atau nutrisi. Sehingga tak heran mengkonsumsi buah kelapa mampu memberikan banyak manfaat. Banyaknya kandungan nutrisi dalam buah kelapa mampu meningkatkan metabolisme, menjaga kesehatan tulang hingga melindungi sel-sel dari radikal bebas.

4. Mengontrol Gula Darah
Buah kelapa juga cocok dikonsumsi bagi Anda yang menderita diabetes. Pasalnya, mengkonsumsi buah kelapa mampu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Hal tersebut dikarenakan buah kelapa rendah karbohidrat, tinggi serat dan lemak yang bermanfaat untuk mengontrol gula darah. Kandungan serat yang tinggi dalam buah kelapa juga dapat membantu memperlambat pencernaan dan berpotensi meningkatkan resistensi insulin, yang juga dapat membantu mengatur kadar gula darah.

5. Kaya Antioksidan
Buah kelapa juga mengandung senyawa fenolik yang merupakan antioksidan. Senyawa tersebut bermanfaat membantu melindungi sel dari kerusakan oksidatif. Dilansir dari Healthline, Tes laboratorium pada daging buah kelapa telah menunjukkan bahwa ia dapat menetralkan senyawa berbahaya yang disebut radikal bebas, yang berkontribusi terhadap penyakit kronis. (cita septa/mg)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *