Tidak Gabung ke Fraksi Gabungan, Demokrat Justru Masuk Fraksi PDIP

Rapat paripurna internal DPRD terkait penetapan usulan calon pimpinan DPRD dan usulan struktural fraksi, Rabu (18/9).

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – DPRD Sukoharjo menggelar rapat paripurna internal untuk pengumuman struktural dan anggota fraksi, Rabu (18/9). Selain fraksi, DPRD juga mengesahkan usulan calon pimpinan definitif yang akan diajukan ke Gubernur. Untuk calon pimpinan, tidak ada perubahan dari prediksi sebelumnya. Justru keanggotaan fraksi yang sedikit berbeda dimana Partai Demokrat yang memiliki satu kursi justru bergabung ke Fraksi PDIP, tidak bergabung ke Fraksi Gabungan antara PKB dan NasDem.



Rapat paripurna tersebut dipimpin oleh Ketua Sementara Wawan Pribadi. Dalam kesempatan itu, untuk calon pimpinan yang diusulkan dari empat partai sesuai prediksi. Dari PDIP (calon ketua, Wawan Pribadi dan tiga calon wakil ketua masing-masing Eko Sapto Purnomo (Gerindra), Giyarto (Golkar,) dan Siti Zakiyatun Ni’mah (PKS.

Untuk fraksi, sesuai yang dibacakan oleh Sekretaris DPRD Basuki Budi Santoso, totalnya ada enam fraksi. Masing-masing Fraksi PDIP, Fraksi Partai Gerindra, Fraksi Partai Golkar, Fraksi PAN, Fraksi PKS, dan Fraksi Kebangkitan Nasional (Gabungan). Menariknya, Demokrat yang memiliki satu kursi justru bergabung ke PDIP sehingga anggota Fraksi PDIP plus Demokrat sebanyak 21 orang.

“Untuk calon pimpinan DPRD selanjutnya akan kami kirimkan ke Gubernur,” ujar Wawan.

Selanjutnya, ujar Wawan, agenda DPRD selanjutnya adalah menunggu SK dari Gubernur untuk pimpinan DPRD definitif. Setelah itu baru dilanjutkan untuk pembentukan alat kelengkapan DPRD lainnya. Termasuk mengesahkan tata tertib DPRD. Dikatakan Wawan, untuk Tata Tertib (Tatib) secara umum tidak banyak berubah dengan Tatib sebelumnya.

Untuk susunan struktural fraksi sendiri, untuk PDIP, Ketua Timbul Darmanto, Wakil Ketua Wahyu Mulyani, Sekretaris Sutomo, Fraksi Partai Gerindra, Ketua Joko Santoso, Wakil Ketua Joko Nugroho, Sekretaris Hardi Widodo, Fraksi Partai Golkar, Ketua Sardjono, Wakil Ketua Agus Sumantri, Sekretaris Jaka Wuryanta. Sedangkan Fraksi PKS, Ketua M Samrodin, Wakil Ketua Martono, Sekretaris Sri Sutasno. Fraksi PAN, Ketua Sunoto, Wakil Ketua Heri Purwanto, Sekretaris Narno Raharjo. Sedangkan Fraksi Keadilan Nasional, Ketua Suhardi, Wakil Ketua Oki Fiana, Sekretaris Supardiyanto. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *