Tidak Cuci Muka Sebelum Tidur? Ternyata Bisa Menyebabkan Penuaan Dini!

Dampak tidak cuci muka sebelum tidur. (Foto: Alodokter)

Sukoharjonees.com – Setelah menjalani aktivitas yang padat seharian, tidur merupakan godaan terbesar untuk menutup hari yang panjang. Saking merasa lelah, kita bahkan lupa untuk membersihkan wajah dari makeup dan kotoran. Kalau setiap hari seperti ini, wajahmu akan mengalami banyak masalah.


Dilansir dari Popbela, Jum’at (6/01/2023), ada kemungkinan yang terjadi bila kita malas mencuci muka sebelum tidur. Tidur dengan makeup dan kotoran memang tidak dianjurkan oleh semua dermatologist atau ahli kesehatan kulit. Karena efeknya dapat memicu masalah baru pada wajah.

1. Jerawat
Sisa kotoran yang nggak dibersihkan pada wajah, akan berakumulasi dan menghambat kulit untuk bernafas. Hal ini menyebabkan minyak dan sel kulit mati membentuk blokade yang menutup pori-pori, menjadikan jerawat bermunculan di mana-mana.

2. Bintil dan Infeksi
Selain jerawat, kotoran yang menutup pori-pori kulit wajah juga dapat menyebabkan bengkak pada area sekitar mata. Hasilnya, akan memicu munculnya bintil. Kalau terdapat luka di area wajah, kotoran yang nggak dibersihkan akan dapat menimbulkan infeksi.


3. Penuaan dini
Gas, asap, dan debu dari lingkungan perkotaan dapat menyebabkan radikal bebas pada kulit. Jika nggak dibersihkan sebelum tidur, akan menyebabkan inflamasi yang memicu munculnya tanda-tanda penuaan dini. Mulai dari bintik-bintik matahari, bintik hitam, dan warna kulit yang nggak merata.

4. Bibir kering dan mengelupas
Di antara seluruh bagian wajah, kulit bibir adalah yang paling sensitif. Ketika sisa lipstik atau make up pada bibir nggak dibersihkan sebelum tidur, akan menyebabkan permukaan bibir kering dan mengelupas. (patrisia argi/mg)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *