Tersenyum dapat Meningkatkan Kebahagiaan Orang Sekitar, Ini Penjelasannya!

Tersenyum dapat meningkatkan kebahagiaan orang sekitar. (Foto: Freepik)

Sukoharjonews.com – Tersenyum sering dikaitkan dengan aura positif. Oleh sebab itu tidak jarang senyuman dianggap dapat merepresentasikan kebahagiaan yang sedang dirasakan. Senyum tampaknya memiliki segudang keajaiban yang perlu dibahas lebih dalam agar mengetahui rahasia di baliknya. Lebih tepatnya alasan yang lebih masuk akal dan ilmiah.


Dalam beberapa kesempatan, senyum dikatakan dapat meningkatkan kebahagiaan. Bagaimana caranya? Nah, sebagaimana dikutip dari Better, Sabtu (28/1/2023), senyuman dapat meningkatkan kebahagiaan karena hal-hal ini.

1. Senyum Memicu Pelepasan Hormon Kebahagiaan
Dr. Isha Gupta, seorang ahli saraf dari IGEA Brain and Spine mengatakan bahwa senyum bisa memacu reaksi kimia di otak, melepaskan hormon tertentu termasuk dopamin dan serotonin. Nah, dopamin sendiri dapat meningkatkan perasaan bahagia, sementara pelepasan serotonin dikaitkan dengan berkurangnya stres.

Kadar serotonin yang rendah dapat mengakibatkan depresi dan agresi, demikian halnya jika dopamin rendah. Dengan adanya argumen ini, maka senyum dan kebahagiaan bisa saling bertukar posisi. Sehingga, senyum bisa membuat bahagia dan bahagia bisa mendatangkan senyuman.


2. Tersenyum Dapat ‘Menipu’ Otak
satu hal menarik tentang senyuman ini adalah bahwa sekalipun kamu mencoba memalsukannya, ini tetap bisa memberikan efek positif. Alasannya karena tersenyum dapat menipu otak untuk percaya bahwa kamu sedang bahagia yang kemudian memacu perasaan bahagia yang sebenarnya.

Dr. Sivan Finkel, seorang dokter gigi kosmetik di The Dental Parlour NYC menjelaskan bahwa memaksakan senyum palsu dapat secara sah mengurangi stres dan menurunkan detak jantung.

Hal ini turut didukung oleh hasil penelitian yang diterbitkan para peneliti di University of Kansas yang menjelaskan bahwa tersenyum membantu mengurangi respons tubuh terhadap stres dan menurunkan detak jantung dalam situasi tegang.


3. Tersenyum Membantu Melewati Hari
Apa maksudnya membantu melewati hari dalam konteks ini? Maksudnya di sini terkait dengan identiknya senyuman sebagai bagian dari kebahagiaan. Ketika hal ini terjadi, maka setiap kali seseorang melihat bagian dari kebahagiaan itu, maka akan turut membantu mereka dalam melewati hari-hari.

Jaime Preffer, seorang pelatih sukses dan instruktur meditasi yang berbasis di Florida membagikan pengalamannya tentang tersenyum. Menurutnya, tersenyum benar-benar mengubah caranya dalam berpikir dan merasakan.

Ia dan sang suami sengaja menghabiskan 60 detik setiap pagi sambil tersenyum untuk meningkatkan suasana hati. Bahkan, hal tersebut sudah menjadi rutinitas pagi mereka. (patrisia argi/mg)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *