Ternyata Hal Ini Bikin Ngantuk Saat Tarawih

Ternyata hal ini bikin ngantuk saat tarawih. (Foto : Pexels)

Sukoharjonews.com – Tarawih adalah salat sunah yang sangat dianjurkan ketika bulan Ramadan. Namun, saat salat tarawih, sejumlah orang akan mudah merasa mengantuk.


Dilansir dari Human Appeal dan Medical News Today, Senin (10/4/2023), salah satu kebiasaan yang menyebabkan mengantuk saat tarawih adalah berbuka puasa dengan porsi besar, sehingga tubuh akan mudah merasa lelah.

5 Kebiasaan yang Bikin Mudah Mengantuk saat Tarawih
Tarawih adalah salat yang dilaksanakan setiap satu tahun sekali di bulan Ramadan. Tentu sayang sekali jika kamu melewatkannya, apalagi karena alasan mengantuk.

Kita perlu memanfaatkan malam-malam di bulan Ramadan untuk memperbanyak ibadah. Salah satunya melalui tarawih.


1. Buka Puasa dengan Porsi Besar
Setelah menahan haus dan lapar selama kurang lebih 13 jam, kita sering menyantap makanan dengan porsi besar saat buka puasa. Hal ini biasa dilakukan sebagai bentuk balas dendam.

Meski begitu, makan dalam jumlah banyak bisa berdampak buruk bagi kesehatan, lho. Laman Healthline menyebutkan beberapa dampak buruk akibat makan dalam porsi besar, seperti memperburuk kondisi perut, meningkatkan berat badan, hingga menyebabkan mual.

Oleh sebab itu, makanlah dengan porsi normal agar kamu tidak mengantuk.


2. Kurang Istirahat
Penyebab mengantuk saat tarawih berikutnya adalah istirahat yang tidak cukup. Saat puasa, waktu tidur tentu berkurang karena harus bangun lebih awal.

Oleh sebab itu, kamu bisa menyiasatinya dengan tidur lebih awal atau istirahat di siang hari selama 30-60 menit agar tubuh tidak mudah lelah dan mengantuk saat tarawih.

3. Menjadikan Tarawih sebagai Beban
Tarawih memiliki jumlah rakaat yang lebih banyak dibandingkan salat wajib. Hal ini membuat banyak orang berpikir bahwa tarawih menjadi beban baginya.

Padahal, ketika kamu salat tarawih, ada banyak amalan yang kamu dapatkan setiap malamnya.


4. Kekurangan Asupan Cairan
Kekurangan asupan cairan bisa menyebabkan mengantuk saat tarawih. Oleh sebab itu, penuhilah asupan air putih saat berbuka, yaitu sebanyak dua gelas.

Selain air putih, kamu juga bisa mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan mineral atau mengonsumsi minuman oralit. Dengan begitu, kamu bisa menjalani salat tarawih dengan nyaman.

5. Terlalu Banyak Aktivitas
Padatnya rutinitas di siang hari menyebabkan tubuh cepat lelah dan mengantuk saat tarawih. Hal ini disebabkan karena banyaknya kalori terbakar dan kurangnya asupan energi di siang hari.

Oleh sebab itu, sesuaikan aktivitas dengan kemampuanmu dan hindari pekerjaan berat agar tubuh tidak terbebani. Selain itu, kamu juga bisa beristirahat di sela-sela aktivitas untuk memulihkan energi.

Nah, itulah beberapa kebiasaan yang harus kamu hindari agar tidak mudah mengantuk saat tarawih. Dengan menghindari sejumlah kebiasaan di atas, kamu bisa lebih semangat dalam beribadah, sehingga bulan puasamu lebih produktif dan bermanfaat.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *