Terkait Wabah PMK, Pernyataan Jokowi Tegas

Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada acara Silaturahmi dengan Alumni Penerima Kartu Prakerja di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor, pada Jumat (17/6/2022). (Foto: Humas Setkab/Rahmat)

Sukoharjonews.com (Jakarta) – Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) tegah melanda sejumlah daerah di Indonesia. Terkait hal itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa pemerintah akan bertindak cepat untuk mengatasi masalah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang sejumlah hewan ternak di Tanah Air.


“Salah satunya, pemerintah telah mendatangkan 800 ribu vaksin untuk segera disuntikkan kepada hewan ternak di seluruh Indonesia,” tegasnya.

“Suntikkan cepat-cepat, cepat, sehingga bisa melindungi sapi-sapi yang lain,” sambung Jokowi.

Jokowi juga menjelaskan bahwa penyakit mulut dan kuku ini dikonfirmasi dapat menyebar dengan cepat. Menurut Jokowi, pemerintah telah melakukan upaya lockdown di beberapa daerah di Tanah Air namun belum memberikan hasil yang maksimal.

“Padahal sudah diblok oleh Kementan dan Kepolisian tapi nyatanya bergerak cepat dan sekarang sudah 18 provinsi, 190 kabupaten dan kota,” ungkap Jokowi.

Terpisah, hari ini, Sabtu (18/6/2022), Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo berkunjung ke Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah untuk memantau pelaksanaan vaksin untuk hewan ternak. Mentan mengaku saat ini sudah ada 800 ribu vaksin PMK yang didistribusikan ke daerah zona merah dan kuning sebagai antisipasi PMK.

Dalam kesempatan itu, Mentan mendatangi langsung kandang ternak dalam hal ini kandang sapi di Sukoharjo untuk pelaksanaan vaksinasi terhadap sapi agar terhindar dari PMK. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.