Terkait Program Ketahanan Pangan, Kapolda Jateng Beri Apresiasi Polres Sukukoharjo dan Jajaran Polsek

Kapolda Jateng, Irjen Ahmad Luthfi saat menebar benih ikan lele di Kolam Pandawa Polsek Polokarto, Rabu (8/9/2021).

Sukoharjonews.com (Polokarto) – Kapolda Jateng, Irjen Ahmad Luthfi berkunjung ke Polsek Polokarto, Rabu (8/9/2021). Kapolda melakukan panen dan tebar benih ikan lele di Kolam Pandawa progran ketahanan pangan kampung tangguh di masa pandemi corona. Dalam kesempatan itu, Kapolda mengapresiasi Polres Sukoharjo dan jajaran polsek terkait program tersebut.




“Kegiatan ini dilakukan diseluruh jajaran Polsek di Polres Sukoharjo sebagai implementasi dari proram pemerintah dalam tangka peningkatan pangan. Hal itu selaras dengan kebijakan Kapolri terkait Polri ikut serta dalam rangka pemulihan ekonomi nasional,” terang Kapolda.

Kapolda juga memberikan apresiasi yang sangat luar biasa karena ditengah pandemi corona di Jawa Tengah, Polri ikut serta mengatasi permasalahan sosial dalam hal ini masyarakat yang terdampak. Menurutnya, Polsek sebagai basis deteksi dini telah melakukan upaya dengan jalan mengembangkan budidaya ikan, menanam sayuran, dan lainnya dimana hasilnya kemudian diberikan pada masyarakat sekitar.

Tentu ini merupakan suatu bentuk sosial branding bagi anggota Polri pada masyarakat. Sehingga, Harkamtibmas secara otomatis akan tercapai. Kalau semua Polsek bisa melakukan ini, saya percaya Harkamtibmas akan terjaga,” ujarnya.

Disisi lain, terkait menurunnya angka kasus corona di Jateng, Kapolda minta untuk tidak lengah dan “leda-lede sak karepe dewe”. Kapolda perintahkan untuk jajaran Polres hingga Polsek agar protokol kesehatan (prokes) masih menjadi prioritas utama karena merupakan bangian dari penanganan corona.

Sementara itu, Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan menyampaikan, saat ini Polres Sukoharjo dan jajaran Polsek sedang menggiatkan program ketahanan pangan kampung tangguh. Dalam implementasinya sendiri menyesuaikan dengan kondisi lingkungan di masing-masing Polsek atau bekerjasama dengan memanfaatkan lagan binaan.

Saat ini, jajaran polsek membudidayakan ikan lele, nila, patin, gurame dan lainnya. Ada juga Polsek yang memelihara burung puyuh serta menanam tanaman sayur dan buah. “Untuk konsistensi keberlangsungan program, setiap Polsek menggandeng karang taruna sebagai kelompok pembudidaya ikan dan tanaman,” jelas Kapolres.

Kapolres menambahkan, selain untuk memberikan wahana berkegiatan yang positif pada generasi muda, juga ditujukan untuk meningkatkan “community engagement” antara polisi dan masyarakat. Selain itu, Polsek juga bekersajam dengan Dinas Pertanian dan Perikanan yang memberikan bantuan benih ikan dan pakannya. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed