Ragam  

Terbagi Dalam 3 Kloter, 827 Jemaah Haji Sukoharjo Siap Berangkat

Ilustrasi.

Sukoharjonews.com – Untuk penyelenggaraan haji 1445H/2024 M, Kabupaten Sukoharjo akan memberangkjan 827 calon jamaah haji (calhaj). Jumlah calhaj yang berangkat tahun ini mengalami penurunan jika dibandingkan tahun 2023 yang sebanyak 956 jamaah.


Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sukoharjo, Abdul Rochman, menyampaikan dari 827 calhaj yang berangkat tahun ini delapan diantaranya merupakan lanjut usia (lansia) dengan usia diatas 80 tahun.

“Tahun ini calhaj yang berangkat turun jika dibandingkan 2023. Tahun ini, calhaj tertua berusia 89 tahun dan yang termuda berusia 20 tahun,” ujarnya, Jumat (26/4/2024)

Abdul Rochman melanjutkan, 827 calhaj Sukoharjo terbagi dalam tiga kelompok terbang (kloter). Masing-masing kloter 87 yang bergabung dengan Kabupaten Klaten, Kloter 98 Sukoharjo, dan Kloter 99 bergabung dengan Kabupaten Wonogiri.


Disinggung soal syarat isthitaah atau kesehatan, Rochman mengaku sudah dilakukan sebelum 827 calhaj tersebut melunasi biaya haji. “Sebelum melunasi sudah istithaah semua. Kalau untuk vaksin meningitis dan polio Dinas Kesehatan yang nanti yang akan memberikan,”ujarnya.

Rochman juga mengatakan, Kemenag Sukoharjo telah melaksanakan manasik haji tingkat Kabupaten. Manasik haji tersebut telah berjalan pada tanggal 23-24 April 2024 lalu.

“Tahapan saat ini adalah penyelesaian administrasi berupa dokumen-dokumen yang disyaratkan akan kami selesaikan. Kami harap tahun ini semua calhaj bisa berangkat semua seperti tahun 2023 lalu,” tambahnya. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *