Tendangan Bola Bupati Sukoharjo Awali Gala Siswa Indonesia

Tendangan bola Bupati Sukoharjo, Etik Suryani mengawali turnamen sepak bola Gala Siswa Indonesia (GSI) 2022 di Stadion Gelora Merdeka Jombor, Senin (25/7/2022).

Sukoharjonews.com (Bendosari) – Gala Siswa Indonesia (GSI) Kabupaten Sukoharjo dimulai. Total ada 12 tim sepak bola tingkat SMP tampil dalam kompetisi GSI 2022 tersebut. Kompetisi dimulai dengan ditandai dengan tendangan bola oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, di Stadion Gelora Merdeka Jombor, Bendosari, Senin (25/7/2022).


“GSI tahun 2022 ini adalah event ketiga kali yang dilaksanakan setelah yang pertama tahun 2018 dan yang kedua tahun 2019,” jelas Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukoharjo, Darno.

Kompetisi GSI sendiri berhenti selama dua tahun, yakni tahun 2020 dan 2021 karena pandemi corona dan kembali digelar tahun ini dengan diikuti 12 tim sepakbola tingkat SMP. Para pemain dari 12 tim tersebut berisi pemain-pemain terbaik hasil seleksi di masing-masing kecamatan.

“Para pemain sepak bola masing-masing tim merupakan pelajar tingkat SMP. Kompetisi GSI ini didukung oleh seluruh kepala SMP negeri dan swasta se Kabupaten Sukoharjo, MGMP, PJOK SMP dan pihak terkait lainnya,” ujarnya.

Darno juga mengarakan, GSI sendiri merupakan satu cara menjaring minat dan bakat siswa sekaligus bentuk pembinaan terkait bidang olahraga sepak bola.

Sedangkan Bupati Sukoharjo, Etik Suryani mengatakan bahwa sepakbola merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kebudayaan masyarakat saat ini. Pasalnya, sepak bola bersifat universal diterima dan disukai masyarakat secara global. Emosi dan semangat yang dibawa setiap pertandingannya mampu memikat perhatian banyak orang, tanpa memandang golongan dan kelompok.


“Sebagaimana cabang-cabang olah raga lainnya, sepak bola juga melahirkan pribadi yang sehat, jiwa sportifitas dan kebersamaan baik antara pemain dan suporter,” ujar Etik.

Etik juga mengatakan, GSI merupakan salah satu upaya Pemkab Sukoharjo dalam melakukan penguatan pendidikan karakter melalui bidang olahraga khususnya sepak bola kepada anak didik yang bertujuan memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir dan olah raga dengan pelibatan dan kerjasama antara satuan pendidikan, keluarga dan masyarakat sebagai bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental.

“Saya mengapresiasi atas penyelenggaraan kegiatan GSI SMP Kabupaten Sukoharjo Tahun 2022 ini. Semoga kegiatan ini dapat dijadikan sebagai agenda rutin dan bisa kembali diselenggarakan di tahun-tahun yang akan datang,” tambahnya. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *