Ragam  

Tebar Benih Ikan dan Lepaskan Burung, Puncak Acara Milad Ke-26 MIN 2 Sukoharjo

Sejumlah perwakilan siswa MIN 2 Sukoharjo saat melepas ribuan benih ikan patin di Waduk Mulur, Jumat (25/10).

Sukoharjonews.com (Bendosari) – Ribuan siswa Madrasah Iptidaiyah Negeri (MIN) 2 Sukoharjo berduyun-duyun mendatangi kompleks Waduk Mulur, Jumat (25/10). Siswa dan guru mengendari kereta kelinci datang ke Waduk Mulur untuk menebar 5.000 benih ikan patin dan melepaskan burung dari sangkar. Kegiatan tersebut merupakan puncak acara Milad Ke-26 MIN 2 Sukoharjo. Kegiatan tersebut sebagai wujud kepedulian MIN 2 pada lingkungan. Terlebih lagi, MIN 2 Sukoharjo menyandang status sekolah Adiwiyata Nasional.



Kepala MIN 2 Sukoharjo Wiretnoningsih Nurhayati menjelaskan, kegiatan di Waduk Mulur diikuti 1.215 siswa dari kelas 1 hingga 6 beserta guru. Menurutnya, dalam rangka Milad Ke-26, banyak acara yang digelar oleh sekolah. Mulai dari penyaluran air bersih untuk warga di Paranggupita, Wonogiri, pentas seni, market day, dan puncaknya tebar benih ikan dan melepas burung di Waduk Mulur, Bendosari.

“Kami menebar benih ikan patin sebanyak 5.000 ekor serta melepas 26 burung emprit haji dan enam ekor burung derkuku,” terangnya disela-sela acara.

Menurutnya, jumlah 26 burung emprit sesuai Milad Ke-26, dan enam ekor burung derkuku sesuai jumlah kelas di MIN 2 Sukoharjo. Wiretnononingsih juga mengatakan, kegiatan yang digelar tersebut untuk mendukung program Adiwiyata dalam rangka melestarikan lingkungan. Terlebih lagi, MIN 2 Sukoharjo akan diusulkan sebagai sekolah Adiwiyata Mandiri oleh Dinas Lingkungan Hidup.

Dari pantauan di lokasi, para siswa tampak antusias mengikuti acara di Waduk Mulur. Baik itu saat pelepasan burung maupun penebaran benih ikan. Kondisi Waduk Mulur sendiri tengah mengalami penyusutan debit air sehingga siswa harus menuju tengah waduh yang masih terdapat air. Pelepasan dipimpin oleh Wiretnoningsih dan sejumlah perwakilan siswa yang masuk ke dalam air waduk.

Selama pelepasan benih ikan sendiri, mendapat pengawasan dari Tim SAR Sukoharjo. Sejumlah siswa yang jadi perwakilan melepas benih juga dipakaikan rompi pelampung untuk keamanan meski air waduk cukup dangkal. “Seru acaranya, tapi panas sekali,” ujar Afif, salah satu siswa. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *