Tanggul Sungai Bengawan Solo Jadi Sasaran Penanaman Akar Wangi Oleh Kodim

Dandim 0726 Sukoharjo, Letkol Inf Chandra Ariyadi Prakosa saat survei lokasi di tanggul Sugai Bengawan Solo di Kecamatan Tawangsari, Selasa (28/1/2020).

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Kodim 0276 Sukoharjo memiliki program penanaman tanaman akar wangi di sepanjang tanggul Sungai Bengawan Solo yang melintas di Kabupaten Sukoharjo. Tanaman akar wangi dipilih karena memiliki kekuatan untuk menahan erosi dan tanah longsor. Terkait rencana penanaman akar wangi, Dandim Sukoharjo Letkol Inf Chandra Ariyadi Prakosa terjun sendiri untuk melakukan survei lokasi, Selasa (28/1/2020).



Rencananya, penanaman akar wangi akan dilakukan di sepanjang tanggul Sungai Bengawan Solo yang melintasi wilayah Kabupaten Sukoharjo. Antara lain di wilayah Kecamatan Sukoharjo, Nguter, Bulu, Tawangsari, Grogol dan Mojolaban. Program penanaman akar wangi sendiri dilakukan sebagai penahan tanah di daerah tanggul sungai yang rawan longsor. Pasalnya, berdasarkan penelitian tanaman akar wangi bisa menahan longsor untuk jangka pendek karena akar tanaman tersebut bisa menembus bebatuan dan punya kekuatan menahan erosi atau tanah longsor sekuat seperenam kawat baja.

“Dengan tanaman ini, saya harap mampu menahan tanah tanggul agar tidak ambrol. Pasalnya, akar tanaman ini memiliki kekuatan ikat yang cukup baik untuk menahan tanah,” ujar Dandim saat survei di Tawangsari.

Dandim juga mengatakan, di sepanjang Sungai Bengawan Solo yang rawan jebol saat musim hujan akan ditanami tanaman akar wangi tersebut. Selain untuk mencegah tanggul jebol, tanaman akar wangi ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat disepanjang tanggul karena akar wangi ini salah satu jenis rumput yang memiliki akar berbau wangi yang bisa menghasilkan ekstrak minyak atsiri yang mempunyai nilai ekonomis yang tinggi. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed