Tanggapan Ketum PSSI Soal Pemain Naturalisasi U-19 Usulan Shin Tae-yong

Ketum PSSI, Mochamad Iriawan. (Foto: Dok PSSI)

Sukoharjonews.com (Jakarta) – Pelatih Timns U-19 Indonesia, Shin Tae-yong (STY) mengusulkan pemain naturalisasi untuk memperkuat skuad Timnas U-19. Hal itu diperlukan untuk bisa bersaing di pentas Piala Dunia U-20 yang tingkat persaingannya lebih keras.


Coach asal Korea Selatan tersebut menyampaikan di tim U-19 masih ada beberapa kekurangan khususnya untuk posisi stoper, bek kiri dan kanan, pengatur serangan (untuk melapis Marselino), dan gelandang bertahan. STY mengakui jika Arkhan Fikri mampu menjalankan tugas dengan bagus.

“Skill juga bagus, tetapi tingginya kurang. Saat tampil di Piala Dunia U-20, kita akan menghadapi tim dengan postur yang tinggi-tinggi dan kekar. Jadi tentu di tim ini butuh pemain baru termasuk pemain naturalisasi,” ujar STY.

Selain itu, STY juga mengaku sudah ada beberapa pemain yang menjadi bidikannya. Terkait naturalisasi ini, tersebut, Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan meminta nama calon pemain naturalisasi harus sudah final pada bulan Agustus. Pasalnya, tiga pemain yang sudah ikut pemusatan latihan U-19 dianggap STY belum layak.

“Di Belanda banyak pemain yang memiliki darah Indonesia. Akan lebih mudah kita melakukan pemusatan latihan (TC) di Belanda ketimbang di negara lainnya. Sebab kita bisa melihat langsung pemain yang kita inginkan,” ujar Iriawan dikutip dari laman PSSI, Kamis (21/7/2022).

Soal pemusatan latihan, Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri mengusulkan pemusatan latihan jangka panjang. Hal itu dikarenakan klub tidak terlalu keberatan melepas pemain muda mereka yang berlaga di Liga 1.

“Pembinaan usia muda kita belum tertata rapi. Padahal kita memiliki kompetisi U-13 dan U-15 (Piala Suratin), U-15 (Piala Suratin), U-16 (Elite Pro Academy), U-18 (Elite Pro Academy). Geografis menjadi salah satu kendala. Mudah-mudahan tidak lama lagi sepakbola bisa maju,” imbuh Indra Sjafri. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.