Tanam Pohon Kelapa Genjah di Sukoharjo, Jokowi: Bisa Panen dalam 2,5 hingga 3 Tahun

Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana dan Bupati Sukoharjo, Etik Suryani saat berdialog dengan petani di Desa Sanggang, Kecamatan Bulu, Sukoharjo, Kamis (11/8/2022).

Sukoharjonews.com (Bulu) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana melakukan kunjungan kerja di Dukuh Samin, Desa Sanggang, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah, Kamis (11/8/2022). Jokowi memulai gerakan nasional penanaman 1 juta kelapa genjah yang bisa panen dalam waktu cepat.


“Kelapa genjah ini ditanam secara nasional yang hasilnya bisa dilihat 2,5 tahun hingga 3 tahun. Dalam kurun waktu tersebut buahnya bisa dipetik,” ujar Jokowi.

Menurutnya, setiap satu pohon kelapa bisa menghasilkan 140-180 buah kelapa dalam satu tahun. Jika ditanam secara nasional dengan 1 juta pohon hasilnhya bisa dihitung.

“Tapi Yang paling penting, setelah ditanam disiapkan juga industrialisasinya, karena kelapa ini bisa dijadikan gula semut dan juga minyak goreng,” ujarnya.

Untuk itu, lanjut Jokowi, nantinya disetiap desa kelapa genjah ini bisa ditanam di kebun, pekarangan, dan lainnya sehingga bisa menambah “income” masyarakat. Untuk tahap awal ini, bibit kelapa genjah tersebut didistribusikan untuk Kabupaten Sukoharjo 110 ribu, Boyolali 44 ribu, dan Kabupaten Karanganyar 46 ribu bibit.

“Setelah ini distribusi bibit dilanjutkan ke provinsi yang lain,” pungkas Jokowi.


Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga menyempatkan diri mengobrol dengan petani di “saung” yang ada di lokasi. Agak lama ngobrol yang dilakukan Jokowi bersama petani di Desa Sanggang. Setelah itu, Jokowi juga menyempatkan diri meninjau kandang kambing yang ada di dekat lokasi.

Setelah selesai, Jokowi pun juga melakukan foto bersama petani yang datang ke lokasi untuk menanam kelapa genjah jenis “Bali Kuning” tersebut.

Dalam perjalanan pulang, Jokowi juga memberikan kaos dan buku pada masyarakat yang ada di dekat lokasi. Tampak pramuka dan juga warga yang ada di lokasi mendapatkan kaos warna hitam dengan gambar Jokowi di bagian depan dan tulisn G20 di bagian belakang.

Hadir dalam kesempatan itu Menteri Pertanian, Syahrul Yasin, Limpo, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, Bupati Sukoharjo, Etik Suryani dan segenap pejabat Forkopimda Sukoharjo. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.