Tak Perlu ke Salon, Ternyata Merawat Kuku Sendiri di Rumah Cukup Mudah!

Tips merawat kuku. (Foto: Kikay Sikat)

Sukoharjonews.com – Hampir seluruh tubuh adalah berharga. Salah satunya adalah kuku. Maka dari itu, Anda harus selalu menjaga dan merawat kebersihan kuku Anda. Karena kuku yang kotor akan menyebabkan penyakit dan tidak enak dilihat.


Cara merawat kuku agar tetap terlihat cantik, indah dan sehat ternyata cukup mudah, loh. Cara ini bisa dilakulan di rumah tanpa perlu melakukan perawatan ke salon. Penasaran bagaimana? Simak tips untuk merawat kuku menurut Dr Jaishree Sharad yang dikutip dari Healthshots, Jumat (9/12/2023):

1. Potong kuku Anda secara teratur
Anda dapat menghindari kuku yang tumbuh ke dalam dengan melakukan hal ini. Untuk membuat kuku Anda lebih lembut, usahakan untuk memotongnya segera setelah Anda mandi atau berendam. Gunakan kikir kuku untuk membulatkan sudut atau ujung kuku Anda.

2. Gunakan serum kuku
Menggunakan serum penguat kuku dapat membantu memperbaiki kuku Anda. Kuku Anda mungkin mendapat manfaat dari kelembapan yang terjaga, seperti bagian tubuh lainnya. Coba oleskan minyak almond atau alpukat ke kutikula dan dasar kuku Anda sebelum malam untuk mencegahnya menjadi kering atau rapuh.


3. Selalu jaga kuku Anda tetap kering dan bersih
Jauhkan kuku Anda dari area yang kotor atau lembab. Keadaan seperti itu mendorong perkembangan kuman di bawah kuku Anda, yang sulit untuk dihilangkan. Selain itu, kontak yang terlalu lama dan sering dengan kelembapan dapat meningkatkan risiko Anda terkena kuku yang terbelah.

4. Makan diet tinggi protein yang sehat
Jika Anda makan lebih banyak makanan seperti ikan, kacang almond, dan kacang-kacangan, tubuh Anda akan mampu memproduksi lebih banyak keratin. Itu adalah protein yang membentuk kuku Anda. Selain itu, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen harian seperti biotin dan minyak ikan, yang tersedia di supermarket terdekat atau toko makanan kesehatan.

5. Berhati-hatilah saat manikur atau pedikur
Pastikan instrumen yang digunakan teknisi kuku Anda bersih dan disanitasi. Minta mereka untuk tidak menyentuh kutikula Anda. Untuk menghentikan penyebaran penyakit kaki, pastikan rendaman kaki dibersihkan dengan larutan pemutih di sela-sela sesi.


6. Jangan gunakan cat kuku yang keras
Kuku menjadi lebih lemah saat menggunakan yang mengandung formaldehida dan dibutil ftalat di dalamnya. Selain itu, mengoleskan warna berpigmen pada kuku Anda untuk jangka waktu yang lama sering kali dapat melemahkannya atau membuatnya menjadi kuning.

7. Berhenti menggigit kuku
Jika Anda cenderung menggigit kuku, lakukan tindakan untuk menghentikannya. Mungkin sulit untuk mengatasi kebiasaan ini, tetapi ini penting karena mulut Anda mengandung bakteri dan kuman yang dapat dengan mudah masuk ke tubuh Anda melalui lecet yang disebabkan oleh gigi Anda. (cita septa/mg)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *