Tak Ada Angin Tak Ada Hujan, Rumah Mbah Wiji Ambruk, Begini Kondisi Penghuninya

Rumah Mbah Wiji Kamto Pawiro, 70, di Dukuh Watulumbung, Desa Watubonang, Tawangsari tiba-tiba ambruk karena lapuk sekitar pukul 14.30 WIB, Selasa (13/8).

Sukoharjonews.com (Tawangsari) – Saat cuaca cerah tidak ada angin dan tidak ada hujan, tiba-tiba sebuah kayu di Dukuh Watulumbung RT 02/10, Desa Watubonang, Tawangsari ambruk. Musibah tersebut terjadi pada Selasa (13/8) sekitar pukul 14.30 WIB. Rumah yang ambruk tersebut dihuni oleh Mbah Wiji, 70, yang selama ini tinggal seorang diri. Ambruknya rumah kayu tersebut diduga karena sudah tua dan lapuk.



“Saat rumah ambruk, penghuninya Mbah Wiji sedang duduk di teras rumah saat tiba-tiba rumah ambruk. Korban mengalami luka ringan dan langsung dibawa ke Puskesmas untuk mendapatkan perawatan,” jelas Camat Tawangsari, Joko Windarto.

Dikatakan Joko, selama ini nenek-nenek tersebut memang tinggal seorang diri. Mbah Wiji Kamto Pawiro, ujar Joko, saat kejadian sedang duduk-duduk di teras rumah. Saat itulah tiba-tiba rumah ambruk disertai suara bergemuruh cukup keras karena bangunan rumah ambruk seluruhnya. Mbah Wiji sendiri sempat menghindari dari timpaan bangunan rumah yang roboh sehingga hanya menderita luka ringan di bagian kaki dan tangan.

Diakui Joko, korban tidak ada anak-anaknya yang tinggal menemani. Korban sendiri hanya rawat jalan dan tidak sampai rawat inap karena lukanya hanya ringan. Bangunan rumah korban memang masih dari kayu dan diperkirakan tiang rumah sudah lapuk sehingga menyebabkan rumah roboh. “Tadi, begitu mendapat laporan saya langsung ke lokasi dan bersama warga sekitar melakukan gotong-royong membersihkan rumah korban yang ambruk,” ujar Joko.

Disinggung tentang langkah selanjutnya terkait kejadian itu, Joko mengaku Pemerintah Kecamatan tengah menyiapkan permohonan bantuan rehabilitasi untuk rumah tersebut. Permohonan bantuan rehab rumah disampaikan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukoharjo. Korban sendiri untuk sementara akan tinggal di rumah anaknya di Desa Tawang, Kecamatan Weru. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed