Suzuki Ertiga Sport Hybrid 2022, Cek Spesifikasi dan Harganya

Suzuki Ertiga Sport Hybrid 2022. (Foto: Ardiantoyugo)

Sukoharjonews.com – Suzuki Indomobil Sales (SIS) menghadirkan Suzuki Ertiga Sport Hybrid 2022. Tipe ini merupakan tipe tertinggi dan menggunakan teknologi hybrid Suzuki. Untuk model 2022 ini memang tidak mengalami banyak perubahan dari segi interior maupun eksteriornya. Namun, Suzuki memberikan perubahan yang cukup signifikan pada bagian mesin yang sudah menggunakan teknologi mild hybrid.


Dikutip dari Ardiantoyugo, Senin (13/6/2022), desain Suzuki Ertiga Suzuki Sport Hybrid 2022 memang hanya mengalami sedikit perubahan. Secara garis besar, desainnya masih sama persis dengan Suzuki Ertiga generasi sebelumnya. Hal yang terlihat mencolok dari segi perbedaan adalah pada bagian velg yang menyerupai Suzuki Ertiga 2022 India.

Selain itu, pada bagian panel tengah pintu belakang juga dihiasi dengan ornamen chrome pada bagian atas. Selebihnya, soal body mobil sendiri terlihat masih sama persis alias hanya perubahan minor saja untuk eksterior. Untuk tipe Suzuki Sport sudah dilengkapi dengan body kit yang terlihat lebih elegan.

Bicara mengenai teknologi hybrid sendiri, memang hanya tersedia pada dua tipe yakni Suzuki Ertiga GX Hybrid dan juga Suzuki Ertiga Sport Hybrid 2022. Untuk tipe lainnya seperti Suzuki Ertiga GA dan juga GL masih tetap menggunakan mesin lawas alias belum Hybrid. Sistem hybridnya sendiri cukup mirip mild hybrid dengan tambahan baterai kecil yang berada di bagian bawah jok penumpang depan. Dimensi baterainya sendiri tidak terlalu kecil dengan penutup berwarna hitam.

Pada saat indikator baterai di atas 2 bar, motor listrik akan membantu mesin bensin saat berakselerasi. Ketika melakukan deselerasi atau lepas gas maka mesin bensin akan mengisi baterai. Motor ini dinamakan dengan “Integrated Starter Generator” (ISG) yang berfungsi menjadi power assist atau tenaga pembantu untuk mesin. Terdapat pula idle start stop yang membuat mesin mati saat di lampu merah dan mesin akan otomatis nyala ketika mau berjalan tanpa harus menekan tombol starter.

Interior Suzuki Ertiga Sport Hybrid 2022
Untuk interior Suzuki Ertiga Sport Hybrid 2022 juga terlihat cukup minim perubahan. Pada bagian dashboard menggunakan hiasan motif karbon yang menggantikan motif panel kayu pada model sebelumnya. hal itu berbeda dengan Suzuki Ertiga GX Hybrid yang menggunakan ornamen kayu berwarna gelap. Ornamen karbon ini juga terdapat pada bagian door trim depan yang membuatnya semakin terlihat mewah.

Interior terbaru Suzuki Ertiga Suzuki Sport Hybrid salah satunya pada bagian atap yang menggunakan warna abu-abu cerah, menggantikan sebelumnya yang menggunakan warna krem. Sedangkan untuk tipe Suzuki Ertiga Suzuki Sport Hybrid pada bagian jok dan juga setir dihiasi dengan motif jahitan berwarna merah. Selain itu, secara garis besar masih terlihat sama persis dengan model sebelumnya.

Suzuki Ertiga Sport Hybrid 2022. (Foto: Ardiantoyugo)

Fitur Suzuki Ertiga Sport Hybrid 2022
Untuk fitur, Suzuki Ertiga Sport Hybrid 2022 ada beberapa hal yang baru. Pertama adalah penggunaan spion dengan auto folding. Ketika dikunci saat parkir maka spion bisa otomoatis terlipat, dan ketika dibuka kunci maka spion bisa otomatis terbuka. Dan fitur menarik selanjutnya adalah hadirnya Cruise Control. Fitur ini membuat kita bisa mengunci kecepatan tertentu tanpa harus menginjak pedal gas.

Sayangnya, untuk versi Indonesia masih tetap belum dibekali dengan paddle shift seperti Suzuki Ertiga Hybrid India. Terlalu banyak fitur yang dipangkas untuk versi Indonesia. Termasuk pada varian transmisi matic masih tetap menggunakan 4AT, belum 6AT seperti di India. Perubahan lain ada pada instrument cluste terdapat indikator motor bensin dan juga indikator motor listrik.

Berikut beberapa fiturnya untuk tipe tertinggi:
– spion auto retract
– sistem mild hybrid
– idle start stop
– cruise control
– antena baru lebih tebal
– terdapat baterai lithium di bagian bawah jok penumpang baris depan
– vehicle stability control (VSC)
– electronic brake force distribution (EBD)
– dual SRS air bag
– anti lock braking system (ABS)
– hill hold control khusus transmisi matic

Spesifikasi Suzuki Ertiga Sport Hybrid 2022
Spesifikasi Suzuki Ertiga Sport Hybrid 2022 masih tetap menggunakan mesin berkapasitas 1,462 cc (K15B) dengan tambahan ISG dan Lithium Ion Battery. Mesin ini memiliki konfigurasi 4 silinder, 4 katup per silinder, DOHC, dan berpendingin cairan. Tenaga puncaknya masih sama yakni 104,7 PS pada 6.000 rpm. Sedangkan torsi maksimalnya mencapai 138 Nm yang diraih pada 4.400 rpm.

– Jenis/Type: Suzuki Smart Hybrid (K15B + ISG + Lithium Ion)
– Silinder/Number of cylinders: 4 silinder
– Jumlah katup/Number of valves: 4 katup per silinder
– Isi silinder/Piston displacement: 1.462cc
– Diameter x langkah/Bore x stroke: 74,0mmx85,0mm
– Perbandingan kompresi/Compression ratio: 10,5 : 1
– Daya Maksimum/Maximum output: 104,7 PS @ 6.000 rpm
– Momen puntir maksimum/Maximum torque: 138 Nm @ 4.400 tpm
– Distribusi bahan bakar/Fuel distribution: Multipoint Injection

Harga Suzuki Ertiga Sport Hybrid 2022
Nah, untuk harga sendiri, teknologi hybrid ini hanya tersedia pada dua tipe yakni Suzuki Ertiga GX Hybrid dan juga Suzuki Ertiga Suzuki Sport Hybrid. Sedangkan untuk harga Suzuki Ertiga Sport Hybrid 2022 dijual mulai dari Rp 281.300.000 on the road DKI Jakarta.

Berikut harga untuk masing-masing tipe:
– harga Suzuki Ertiga Suzuki Sport Hybrid MT: Rp281.300.000
– harga Suzuki Ertiga Suzuki Sport Hybrid AT: Rp292.300.000
– harga Suzuki Ertiga GX Hybrid Hybrid MT: Rp270.300.000
– harga Suzuki Ertiga GX Hybrid Hybrid AT: Rp281.300.000

Tertarik dengan teknologi hybrid ini, Suzuki Ertiga Sport Hybrid 2022 bisa menjadi pilihan, terlebih lagi ada juga tipe hybrid lainnya. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 5

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.