Ragam  

Susuri Gang-gang Sempit di Kampung, Bupati Sukoharjo Salurkan Bantuan Rehab RTLH

Blusukan kampung dan menyusuri gang-gang sempit dilakukan Bupati Sukoharjo, Etik Suryani untuk menyalurkan bantuan dari Baznas, Kamis (26/1/2023).

Sukoharjonews.com (Weru) – Hoby Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, blusukan ke kampung-kampung masih berlanjut. Tidak sekadar hoby, Bupati sekaligus menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan. Seperti yang dilakukan pada Kamis (26/1/2023) ini dimana Bupati blusukan menyusuri gang-gang sempit menyalurkan bantuan rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di tiga kecamatan.


Bantuan yang diserahkan Bupati merupakan bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Nilai bantuan yang disalurkan bervariasi tergantung dari kondisi saat dilakukan survei oleh Baznas. Selama ini, bantuan rehab RTLH berkisar antara Rp10 juta hingga Rp20 juta. Ada juga bantuan renovasi senilai Rp4 juta, Rp5 juta, dan lainnya.

“Kalau nilai bantuannya bervariasi, tergantung kondisi penerima saat dilakukan survei oleh Baznas,” ungkap Bupati.

Bantuan rehab RTLH sendiri diberikan di Kecamatan Weru, Kecamatan Bulu, dan Kecamatan Baki. Selain bantuan rehab RTLH, sekaligus disampaikan bantuan yang lain seperti bantuan biaya hidup.


Terkait hal itu, Bupati menyampaikan jika sebelumnya warga melalui pemerintah desa mengajukan permohonan bantuan ke Bupati. Kemudian permohonan itu diteruskan ke Baznas yang bisa melakukan pencairan bantuan dengan cepat.

“Prinsipnya masyarakat yang benar-benar membutuhkan bantuan silahkan mengajukan ke saya. Saya minta kepala desa, camat untuk proaktif. Jika ada warganya yang membutuhkan bantuan diajukan saja,” tegas Bupati.


Sedangkan Ketua Baznas Sukoharjo, Sardiyono, menyampaikan jika bantuan yang disalurkan tersebut sudah melalui proses survei. Hal itu dilakukan agar bantuan yang diberikan tepat sasaran. Terkait nilai bantuan yang diberikan pun tidak sama karena mengacu pada kondisi penerima.

“Kami survei dulu ke lokasi calon penerima, jika memang memenuhi syarat bantuan pasti cair,” ungkapnya.

Sardiyono menambahkan, nilai bantuan yang disalurkan Baznas bersama Bupati pada Kamis (26/1/2023) ini mencapai Rp97 juta. Sebagian besar merupakan bantuan rehab RTLH. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *