Susah Memaafkan Orang Lain yang Telah Menyakiti Kita? Lakukan Ini Jika Kalian Mengalaminya!

Tips untuk memaafkan. (Foto: Houston Cronicle)

Sukoharkonews.com – Sering kali kita merasa bahwa perlakuan orang lain telah menyakiti perasaan kita. Entah itu berupa tindakan, ataupun perkataan yang menyakitkan. Bahkan, untuk alasan apapun, Anda sering kali susah untuk memaafkan kesalahan tersebut.


Namun sejujurnya, menyimpan luka tersenut untuk waktu yang lama, bukanlah hal yang baik, apalagi untuk diri Anda. Meski memberi maaf sulit, hal ini akan dapat menengkan hati. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda mencoba cara berikut, agar Anda dapat memaafkan orang yang sudah menyakiti Anda.
Dikutip dari YourSay pada Selasa (10/1/2023) cara memaafkan orang yang sudah menyakiti perasaan kita:

1. Perlakukan Dirimu Dengan Lebih Baik
Setiap orang yang terluka akan butuh dirawat dengan perlakuan yang baik, termasuk luka di hati. Maka, perlakukan dirimu dengan lebih baik setiap hari lewat self-love. Jangan biarkan dirimu kekurangan cinta dan kasih sayang karena hal ini penting untuk proses kesembuhan luka hatimu.

Jika berbuat baik pada orang yang menyakitimu terlalu sulit, setidaknya perlakukan dirimu dengan baik. Jangan beri makan jiwamu dengan dendam, kecewa, dan perasaan terpuruk yang berlarut-larut.


2. Selalu Ikhlas Memaafkan
Terkadang memberi maaf tidak selalu bisa seketika, terlebih pada orang yang sudah menciptakan rasa kecewa yang dalam. Namun, saat kamu sudah memutuskan untuk memberi maaf, maka pertahankan terus niat ini. Selalu ulangi upaya memaafkan, lagi dan lagi sampai hatimu benar-benar pulih. Sebab bisa saja lukamu yang hampir kering terasa perih kembali.

Jika hal ini terjadi, obati kembali dengan kasih sayang dan bukan malah menyerang orang lain agar merasakan luka yang sama seperti dirimu. Kamu berhak sembuh dan harus pulih tanpa cacat.


3. Akui Rasa Sakit Yang Ada, dan Berdamailah
Sebelum mengupayakan memberi maaf orang yang sudah menyakitimu, pertama-tama akui dulu bahwa masih ada luka di hatimu meski ucapan “aku baik-baik saja” terus dilontarkan. Tidak ada yang salah dengan mengakui kalau rasa sakit itu masih ada dan kamu kesulitan memaafkan si pelaku karena hal ini.

Akui pada dirimu sendiri bahwa lukamu nyata dan kamu ingin sembuh. Maka, berdamailah dengan kondisi tersebut dan terima masa lalu yang menyakitkan. Semua kejadian dan rasa kecewa yang timbul memang harus kamu alami demi sebuah pembelajaran hidup yang berharga.


4. Buang Rasa Dendam
Memang benar melupakan rasa kecewa dan sakit hati tidaklah mudah. Butuh proses panjang untuk melupakan atau bahkan untuk memberi maaf. Namun, jangan buat hatimu termakan oleh dendam karena perilaku orang lain di masa lalu yang menyakitkan.

Dendam tidak akan memberimu kedamaian meski kamu balas dengan hal serupa. Kamu hanya akan menjadi pribadi seperti dia yang jadi penyebab luka di hati orang lain. Buanglah rasa dendam itu secara perlahan dengan memberi maaf meski belum bisa melupakan sepenuhnya. (cita septa/mg)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *