Sukoharjo Raih 3 Penghargaan Nirwasita Tantra

Ketua DPRD Wawan Pribadi, Bupati Etik Suryani, dan Kepala DLH Agus Suprapto usai menerima penghargaan Nirwasita Tantra di Jakarta, Rabu (20/7/2022).

Sukoharjonews.com (Jakarta) – Prestasi kembali diraih oleh Kabupaten Sukoharjo. Kali ini, Sukoharjo meraih tiga penghargaan di bidang lingkungan hidup, yakni Nirwasita Tantra. Masing-masing penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra untuk Bupati dan Ketua DPRD serta penghargaan untuk Pemerintah daerah kategori kabupaten sedang.


“Penghargaan ini untuk tahun 2021 yang diserahkan di tahun 2022 ini. Penghargaan Nirwasita Tantra ini sudah empat kali berturut-turut,” terang Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukoharjo, Agus Suprapto, Rabu (20/7/2022).

Agus menyampaikan penghargan diterima langsung oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani dan Ketua DPRD Wawan Pribadi di Jakarta, Rabu (20/7/2022).

Menurutnya, penghargaan tersebut diserahkan dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Nirwasita Tantra 2021 sendiri dinilai berdasarkan Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup (IKPLHD) tahun 2021 yang berisi data kondisi lingkungan hidup, isu-isu lingkungan hidup prioritas dan respon yang telah dilakukan oleh Pemkab Sukoharjo dalam mengatasi isu prioritas lingkungan hidup tersebut.

Dokumen IKPLHD juga memuat inovasi inovasi daerah dalam pengelolaan lingkungan hidup, diantaranya : program OPIP sawah IP 400, program Konsolidasi Lahan Pertanian, integrated farming, program kampung iklim daerah (proklim), pengembangan ekowisata berbasis masyarakat, pengelolaan sampah di TPS Desa melalui pengembangan Maggot lalat BSF dan pemanfaatan gas methane di TPA Mojorejo.

Terpisah, Ketua DPRD Sukoharjo, Wawan Pribadi mengucapkan terima kasih pada pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan atas penghargaan yang diberikan untuk Kabupaten Sukoharjo. Khusus untuk DPRD, Wawan mengaku meraih penghargaan karena mendukung program-program lingkungan hidup.

“Dukungan itu dalam bentuk terbitnya peraturan daerah tentang lingkungan hidup dan juga dukungan anggaran untuk lingkungan hidup,” terangnya.

Jadi, ujar Wawan, dukungan yang diberikan oleh DPRD Sukoharjo terkait program-program lingkungan hidup mendapat apresiasi dari Kementerian Lingkungan Hidup. Wawan mengaku penghargaan Nirwasita Tantra Tahun 2020 yang diumumkan hari ini merupakan penghargaan kedua karena tahun 2019 juga mendapatkannya.

“DPRD sudah dua kali dapat penghargaan ini dan peringkat 1 terus. Patut diapresiasi karena Sukoharjo mendapat penghargaan untuk eksekutif dan legislatifnya, daerah lain yang mendapat penghargaan sebagian besar hanya eksekutifnya saja,” tambahnya. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.