Ragam  

Sukoharjo Masuk Nominator Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat Tingkat Provinsi

Ketua TP PKK Sukoharjo Etik Suryani saat paparan di depan Tim Verifikasi Lomba LBS Tingkat Provinsi Jateng, Senin (30/9).

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Kabupaten Sukoharjo kembali masuk nominator sebagai Pelaksana Terbaik Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) tingkat Provinsi Jateng. Nominator diraih berdasarkan verifikasi dokumen administrasi yang dikirimkan pada panitia lomba. Setelah itu, Tim Penilai Tingkat Jateng melakukan penilaian lapangan yang dilakukan pada Senin (30/9). Tim diterima oleh Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya dan juga Ketua TP PKK Etik Suryani.



Dalam kesempatan itu Bupati mengatakan, LBS adalah upaya untuk menciptakan atau meningkatkan kondisi bersih dan sehat di dalam rumah dan lingkungan sekitar rumah. “Menjaga lingkungan bersih dan sehat merupakan suatu upaya pencegahan penyakit dan berbagai gangguan kesehatan,” ujarnya.

Bupati berharap, dengan kehadiran Tim Verifikasi Tingkat Jateng dapat memberikan motivasi bagi TP PKK Sukoharjo dalam bekerja dan mengabdi pada masyarakat. Bupati juga berharap Desa Pondok yang mewakili Sukoharjo dalam Lomba LBS dapat menjadi Juara Lomba LBS tingkat Provinsi Jateng 2019. Setelah itu, Ketua TP PKK Sukoharjo, Etik Suryani memberikan paparan mengenai program-program yang telah dijalankan TP PKK untuk menciptakan lingkungan bersih dan sehat. Termasuk sejumlah prestasi yang diraih oleh TP PKK Sukoharjo.

“Salah satu program yang tengah digalakkan adalah pembangunan bank sampah dimana jumlahnya naik dari sebelumnya 78 unit menjadi 90 unit saat ini. Program ini akan terus dikembangkan di seluruh desa/kelurahan,” ujarnya.

Selain itu, Pemkab Sukoharjo juga telah mengalokasikan anggaran Rp5,76 miliar untuk pengadaan jamban warga tahun 2017 lalu. Bantuan jamban keluarga itu menjadikan Sukoharjo dinyatakan sebagai kabupaten “Open Defecation Free” (ODF) atau bebas buang air besar sembarangan. Etik juga berharap Desa Pondok, Kecamatan Nguter yang akan dinilai bisa menjadikan Sukoharjo menjadi Juara Lomba LSB 2019 tingkat Provinsi Jateng.

Sedangkan Ketua Tim Verifikasi Lomba LSS Tingkat Jateng, Elly Sugardini menyampaikan, Sukoharjo menjadi nominator setelah dilakukan verifikasi terhadap dokumen administrasi yang telah disampaikan. Untuk itu, Tim Verifikasi melakukan kunjungan lapangan ke Desa Pondok, Nguter yang mewakili Sukoharjo dalam Lomba LBS tingkat Provinsi Jateng. “Kami akan menilai secara langsung di lapangan, apakah laporan yang disampaikan sudah sesuai dengan kondisi di lapangan atau tidak,” ujarnya. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *