Sukoharjo Expo Resmi Dibuka, Dorong Pertumbuhan Industri Kreatif Lokal

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya bersama istri Etik Suryani saat meninjau stan dalam Sukoharjo Expo di Alun-Alun Satya Negara, Jumat (23/8).

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Gelar potensi daerah Sukoharjo Expo 2019 resmi dibuka oleh Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya di Alun-Alun Satya Negara, Jumat (23/8). Sukoharjo Expo tersebut dalam rangka membangun citra positif produk ungggulan UMKM serta mendorong prtumbuhan industri kreatif. Sukoharjo Expo digelar lima hari 23-27 Agustus dimana expo tahun ini berskala nasional dengan 180 stan dimana pesertanya datang dari sejumlah daerah di luar Sukoharjo.



Asisten Deputi Bidang Pertanian dan Perkebunan Kemenkop dan UKM, Dewi Syarlen mengapresiasi Sukoharjo Expo sebagai media poromosi dan mengangkat citra produk unggulan UMKM. “Saat ini, ekonomi kreatif adalah masa depan Indonesia karena memiliki industri kreatif yang potensial. Salah satunya industri kreatif bidang kebudayaan dan kearifan lokal setiap daerah yang tidak dimiliki negara lain,” ujarnya.

Dewi juga mengatakan, saat ini masih terdapat sejumlah kendala bagi pengenbangan industri kreatif seperti terbatasnya akses pemasaran dan juga akses permodalan. Untuk itu, Kementerian membuat program yang sudah dan akan dilaksanakan antara lain perluasan akses pemasaran bagi KUMKM, pengembabgan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT), kampung digital yang bersinergi dengan PT Telkom, peningkatan kapasitas SDM berbasis teknologi degital, perluaaan akses pembiayaan melaui KUR, serta pengelolaan dana bergulir bagi KUMKM.

Dewi mengaku, sejumlah program tersebut telah memberikan dampak peningkatan kewirausahaan dan mendukung perekonomian nasional. Sukoharjo Expo sebagai wujud nyata dan komitmen Pemkab Sukoharjo dalam penguatan jaringan KUMKM. Diharapkan expo tersebut menjadi agenda tahunan sehingga bisa mempertemukan produsen dengan buyer secara langsung. Berharap jadi agenda tahunan yang bisa mempetemukan produsen dengan buyer secara langsung.

Sedangkan Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya mengatakan, Sukoharjo Expo 2019 merupakan upaya membangun citra positif mendorong industri kreatif di Sukoharjo. Saat ini, sektor industri dapat berkontribusi secara signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi daerah khususnya dalam penyerapan tenaga kerja dan sumbangan Pendapatan Domestik Bruto.

“Dalam kesempatan baik ini, saya mengajak kepada peserta, pengusaha dan seluruh perajin untuk kreatif dan inovatif agar mampu menghasilkan produk-produk yang memiliki daya saing tinggi, sehingga dapat menjadi produk-produk unggulan yang mampu bersaing dipasar internasional. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *